Progres SPAM Kontunaga Sudah 80 Persen, Pamsimas Lohia Mulai Dibangun

Sunaryo, telisik indonesia
Jumat, 31 Juli 2020
0 dilihat
Progres SPAM Kontunaga Sudah 80 Persen, Pamsimas Lohia Mulai Dibangun
Wakil Ketua Komisi V DPR-RI, Ridwan Bae bersama Bupati Muna, LM Rusman Emba dan Kepala Balai Prasarana Pemukiman, Mustaba, meletakkan batu pertama pembangunan Pamsimas Lohia. Foto: Sunaryo/Telisik

" Kontraktornya terus kita tekan agar bisa menyelesaikan di bulan Oktober, sehingga masyarakat di Kecamatan Kontunaga tidak lagi membeli air. "

MUNA, TELISIK.ID - Pembangunan Sistim Penyediaan Air Minum (SPAM) IKK Kecamatan Kontunaga, Kabupaten Muna terus dikebut. Kini, progresnya sudah mencapai 80 persen.

Mustaba, Kepala Balai Prasarana Pemukiman Sultra menerangkan, saat ini pembangunan tengah merampungkan bak penampungan dan pemasangan jaringan pipa distribusi.

"Kontraktornya terus kita tekan agar bisa menyelesaikan di bulan Oktober, sehingga masyarakat di Kecamatan Kontunaga tidak lagi membeli air," kata Mustaba.

Baca juga: Kades Horodopi Bantah Potong Honor BPD

Anggaran pembangunan SPAM Kontunaga sebesar Rp 24,5 miliar dengan kapasitas 20 liter perdetik yang mampu melayani sekitar 1.000 sambungan rumah.

Selain itu, tahun ini, balai juga mengalokasikan anggaran untuk pembangunan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Kecamatan Lohia. Total anggaran sebesar Rp 350 juta. Terdiri dari APBN sebesar Rp 245 juta, APBDes Rp 35 juta, inscash Rp 14 juta dan inkind swadaya tenaga Rp 56 juta.

"Program Pamsimas ini untuk menjawab kebutuhan air bersih masyarakat," ujarnya.

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga