Puluhan ODGJ di Manggarai Nusa Tenggara Timur Masih Dipasung

Berto Davids, telisik indonesia
Sabtu, 03 Juni 2023
0 dilihat
Puluhan ODGJ di Manggarai Nusa Tenggara Timur Masih Dipasung
Puluhan ODGJ di Manggarai, Nusa Tenggara Timur masih dipasung. Dinas Kesehatan terus berupaya melepas pasung ODGJ. Foto: Ist.

" Sebanyak 39 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur masih dipasung. Hal tersebut menjadi pekerjaan rumah pemerintah dari waktu ke waktu "

MANGGARAI, TELISIK.ID - Sebanyak 39 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur masih dipasung. Hal tersebut menjadi pekerjaan rumah pemerintah dari waktu ke waktu.

Sekretaris Dinas Kesehatan Manggarai, Marten Oman mengatakan, upaya membebaskan ODGJ dari pasungan tengah berjalan beberapa waktu terakhir dan yang dilepas pasungnya sudah diantar ke Rumah Sakit Jiwa Renceng Mose.

"Saat ini pemerintah telah membuka pasung 8 ODGJ di Manggarai, dan yang terdata masih ada 39 ODGJ yang belum dibuka pasungnya," kata Oman, Sabtu (3/6/2023) petang.

Baca Juga: Manggarai Antisipasi Kasus Rabies, Begini Upaya Penanganan

Terkait kapan bisa dilepas pasungnya, Oman bilang bila kondisinya tidak membahayakan orang lain. Karena itu, komunikasi dan koordinasi dengan keluarga sangat penting agar pembukaan pasung bisa dilakukan.

"Mengenai kapan bisa dibuka yah tunggu kondisinya membaik, tergantung pemeriksaan petugas," jelasnya.

Baca Juga: Klaim Didukung PKB, Ini Motivasi Herman Hemmy Maju Calon Bupati Manggarai Timur

Untuk ODGJ secara umum di Manggarai terdata sebanyak 532 orang. Dari jumlah itu, ada yang sudah diobati9 baik di Rumah Sakit Renceng Mose maupun Puskesmas.

Sementara itu salah satu warga, Adventus, mengapresiasi Pemda Manggarai yang getol memprioritaskan penanganan ODGJ.

"Saya apresiasi pemda manggarai dan berharap dari 39 ODGJ ini ada satu atau dua orang ODGJ yang dilepas pasungnya dalam waktu dekat ini," harap Adventus. (B)

Penulis: Berto Davids

Editor: Kardim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga