Rekayasa Lalin Sekitar KPU, Prabowo-Gibran Diarak Kirab Budaya untuk Daftar

Mustaqim, telisik indonesia
Selasa, 24 Oktober 2023
0 dilihat
Rekayasa Lalin Sekitar KPU, Prabowo-Gibran Diarak Kirab Budaya untuk Daftar
Para Sekretaris Jenderal partai politik di KIM menjelaskan persiapan pendaftaran Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka ke KPU RI, Jakarta, Selasa (24/10/2023). Foto: Ist.

" Kepolisian akan melakukan pengamanan dan rekayasa arus lalu lintas saat pendaftaran bakal pasangan calon presiden-wakil presiden, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, yang diusung gabungan partai politik dan tergabung ke dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM), ke KPU RI pada Rabu (25/10/2023) pagi "

JAKARTA, TELISIK.ID - Kepolisian akan melakukan pengamanan dan rekayasa arus lalu lintas saat pendaftaran bakal pasangan calon presiden-wakil presiden, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, yang diusung gabungan partai politik dan tergabung ke dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM), ke KPU RI pada Rabu (25/10/2023) pagi.

Rekayasa arus lalu lintas ini dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan dan menjaga kenyaman bagi para pengguna jalan. Hal yang sama sebelumnya dilakukan saat dua bapaslon presiden-wakil presiden lainnya, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar/Cak Imin (AMIN) dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD, mendaftar ke KPU RI pada Kamis (19/10/2023) lalu.

“Rekayasa lalu lintas pada kegiatan pendaftaran capres Prabowo dan cawapres Gibran, hari Rabu, tanggal 25 Oktober 2023, (diharapkan) dapat berjalan aman, tertib, dan lancar bertempat di kantor KPU, Jakarta Pusat,” jelas Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman, kepada wartawan, Selasa (24/10/2023).

Latif mengatakan, arus lalu lintas di sekitar kantor KPU akan ditutup sejak pukul 08:00 WIB hingga pendaftaran selesai. Total 100 personel Ditlantas Polda Metro Jaya dan Satlantas Polres akan siaga.

Baca Juga: Prabowo-Gibran Deklarasi di GBK Sebelum Berangkat Daftar ke KPU

Latif dan jajarannya berharap rekayasa lalin ini bisa menjamin keamanan selalu berjalan tertib dan lancar. “Lantas (lalu lintas, red) yang aman dan nyaman bagi warga masyarakat yang akan melintas obyek pada kegiatan pendaftaran capres Prabowo dan cawapres Gibran di kantor KPU,” harapnya.

Pengalihan arus lalu lintas yang akan diterapkan, yakni kendaraan yang datang dari arah Bundaran HI yang akan menuju Jalan Imam Bonjol dialihkan ke Jalan H Agus Salim maupun Jalan Pamekasan. Kendaraan yang datang dari arah Jalan H Agus Salim yang akan menuju Jalan Imam Bonjol diluruskan ke Jalan Pamekasan atau belok ke kanan ke arah Bundaran HI.

Kemudian kendaraan yang datang dari arah Jalan Rasuna Said yang akan menuju Jalan Imam Bonjol diluruskan ke Jalan HOS Cokroaminoto atau belok ke kanan ke Jalan Diponegoro. Kendaraan yang datang dari arah Jalan Diponegoro yang akan menuju Bundaran HI dialihkan ke kiri Jalan Rasuna Said maupun ke kanan Jalan HOS Cokroaminoto.

Terkait agenda pendaftaran Prabowo-Gibran ke KPU RI, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra, Ahmad Muzani mengatakan, Prabowo dan Gibran akan bertemu lebih dulu di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, pagi hari. Setelah itu, Prabowo-Gibran berangkat ke GBK bersama para ketum parpol KIM.

"Mereka dari Kartenegara bertolak ke Stadion Indonesia Arena di kawasan Gelora Bung Karno untuk bertemu kader dan relawan yang sudah menunggu di sana,” ungkap Muzani.

Direncanakan kegiatan di Stadion Indonesia Arena pada pukul 09:00 WIB. Bakal pasangan calon ini akan menyapa para relawannya di tempat itu.

“Pak Prabwo dan Gibran akan berpidato di sana menyapa relawan yang akan mengantarkan mereka ke KPU RI,” ujar Muzani.

Kegiatan ditutup dengan doa dan rombongan bergerak ke Taman Suropati, selanjutnya bapaslon mengikuti pawai kirab budaya dari Taman Suropati menuju KPU RI.

“Kami akan mendaftarkan Pak Prabowo dan Gibran ke KPU pada pukul 10:00 WIB,” jelasnya.

Baca Juga: Jokowi dan Dua Putra serta Ketua MK Dilapor ke KPK, Prabowo Akui Bagian Dinasti Politik

Atas nama Koalisi Indonesia Maju, Muzani meminta maaf kepada warga Jakarta jika kegiatan besok mengganggu aktivitas mereka. “Kami mohon maaf jika kegiatan yang menyebabkan kemacetan panjang,” pinta Muzani.

Sementara itu, Prabowo Subianto menghadiri deklarasi dukungan dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) terkait koalisi Pilpres 2024, di Djakarta Theater, Menteng, Jakarta Pusat, Prabowo tiba sekitar pukul 19:05 WIB. Dia terlihat semringah menyapa para relawan dan awak media yang sudah tiba lebih awal.

Ditanya mengenai persiapan mendaftar ke KPU RI, Prabowo tidak banyak menjawab. “Insya Allah, Insya Allah (lancar),” ujarnya kepada para wartawan.

Kedatangan Prabowo didahului oleh para sekretaris jenderal (sekjen) dari KIM. Mereka antara lain Sekjen PAN, Eddy Soeparno, Sekjen Partai Golkar, Lodewijck Paulus dan Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani. (A)

Penulis: Mustaqim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga