RS Bahteramas Penyuluhan Kesehatan Lansia

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Senin, 20 Maret 2023
0 dilihat
RS Bahteramas Penyuluhan Kesehatan Lansia
Tim Promosi Kesehatan RS (PKRS) Bahteramas melakukan penyuluhan kepada lansia guna memberi edukasi tentang pentingnya menjaga kesehatan. Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/Telisik

" Tim Promosi Kesehatan RS Bahteramas melakukan penyuluhan kepada lansia, guna memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga kesehatan "

KENDARI, TELISIK.ID - Posyandu Lansia memiliki peran penting untuk menjaga kualitas hidup lansia di masyarakat, karena Posyandu Lansia merupakan unit pelayanan kesehatan terkecil yang paling dekat dengan keseharian warga, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup para orang tua yang lebih rentan terhadap penyakit.

Untuk itu, Tim Promosi Kesehatan RS Bahteramas melakukan penyuluhan kepada lansia, guna memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga kesehatan.

Penyuluhan Posyandu Lansia ini diadakan di daerah Wanggu dan diikuti oleh beberapa lansia di sekitar Wanggu. Para peserta penyuluhan terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

Dokter Topan Binawan memberikan penyuluhan mengenai kesehatan para lansia terutama pengetahuan mengenai penyakit hipertensi yang banyak dialami oleh para lansia.

Dokter Topan menjelaskan, pasien geriatri adalah pasien yang umurnya lebih dari 60 tahun. Lansia yang berisiko adalah lansia yang berusia lebih dari 70 tahun, hipertensi atau tekanan darah yang tinggi, jika tekanan darah normal itu akan mengurangi risiko terjadinya kerusakan organ, seperti organ otak, jantung, pembuluh darah, mata dan ginjal.

Baca Juga: RS Bahteramas Siap Pertahankan Akreditasi Paripurna 2023

"Hipertensi sering terjadi pada laki-laki dibandingkan perempuan, jadi penting bagi lansia untuk rutin memeriksa tekanan darah di posyandu terdekat atau jika merasakan gejala, bisa langsung ke RS Bahteramas," ujar Topan, Senin (20/3/2023).

Adapun gejala dari hipertensi itu tidak spesifik, bisa jadi tdk ada gejala. Jika ada gejalanya seperti sakit kepala, pusing oleng, susah tidur dan berdebar-debar.

Yang sering dirasakan oleh lansia itu hipertensi kronik yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan penimbunan plak pembuluh darah.

Tim PKRS Bahteramas, Arniawati Arman mengatakan, penyuluhan ini merupakan salah satu program untuk memberikan pelayanan kepada lansia karena di Rumah Sakit Bahteramas sudah terdapat poli geriatri yang diperuntukkan bagi para lansia.

Baca Juga: RS Bahteramas Sulawesi Tenggara Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Payudara

"Tujuan kami untuk meningkatkan kualitas hidup para lansia, dimana kita ketahui, jika sudah berumur 50 tahun ke atas, itu kan pasti keluhannya sudah banyak. Jadi salah satu kegiatan kami untuk mempertahankan pola hidup lansia walaupun mereka sudah berusia lanjut tetapi tetap sehat tetap aktif," ujar Arni.

Dia menambahkan, untuk program penyuluhan Posyandu Lansia, pihaknya turun ke lapangan setiap 2 bulan sekali dan hari ini jadwalnya di Posyandu Lansia daerah Wanggu.

Sebelumnya, penyuluhan lansia ini sudah dilakukan di Posyandu Watubangga dan selanjutnya akan ada di Posyandu Lansia Lepo-Lepo dan Posyandu Lansia Wundundopi. (B-Adv)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga