Sering Diabaikan, Ini 9 Efek Buruk Tidak Membersihkan Makeup Sebelum Tidur

Sasmiraza, telisik indonesia
Kamis, 28 Juli 2022
0 dilihat
Sering Diabaikan, Ini 9 Efek Buruk Tidak Membersihkan Makeup Sebelum Tidur
Tidur dalam keadaan wajah masih memakai makeup dampaknya akan berbahaya bagi kesehatan kulit. Foto: Repro beautynesia.id

" Setelah lelah beraktivitas seharian, membersihkan makeup bisa jadi malas kamu lakukan. Seberapa lelahnya kita, jangan sampai kamu lupa menghapus makeup-mu ya, Girls "

KENDARI, TELISIK.ID - Setelah lelah beraktivitas seharian, membersihkan makeup bisa jadi malas kamu lakukan. Seberapa lelahnya kita, jangan sampai kamu lupa menghapus makeup-mu ya, Girls.

Memang terdengar sepele, tapi dampaknya sangat besar bagi wajah kamu sekarang dan ke depannya lho. Nggak mau kan kalau kulit wajah kita jadi nggak sehat? Yuk, simak beberapa akibat di bawah ini kalau kamu nggak menghapus makeup-mu sebelum tidur.

1. Munculnya Infeksi Bakteri dan Jerawat

Melansir halodoc.com, tahukah kamu foundation yang dibiarkan saja menempel pada wajah sepanjang malam akan bercampur dengan sel-sel kulit mati, kotoran, debu dan minyak wajah, sehingga menyebabkan pori-pori kulit tersumbat.

Bila ini sering kamu lakukan, kulitmu akan mudah terkena infeksi bakteri dan menyebabkan timbulnya jerawat baru! Enggak mau kan wajahmu penuh dengan jerawat? Jadi, lebih baik kamu membersihkan make up pada wajah sebelum tidur dengan melakukan deep cleansing. Kamu bisa menggunakan toner atau facial wash yang mengandung salicylic acid yang bisa membantu mengeksfoliasi kulit dan membasmi jerawat.

2. Komedo

Pori-pori kulit wajah yang tersumbat oleh makeup juga bisa menimbulkan bintik-bintik hitam alias komedo. Bila sudah parah, sulit untuk menghilangkan komedo dan mengecilkan pori-pori. Jadi, sebaiknya bersihkan wajah dengan menggunakan scrub sesekali untuk mencegah hal itu terjadi.

3. Mudah Mengalami Iritasi

Kebanyakan produk makeup memiliki kandungan kimia, mulai dari yang ringan sampai berat. Nah, kandungan bahan kimia ini lambat laun akan menyerap ke dalam kulit bila kamu tidak membersihkannya dengan baik. Bila terkena paparan udara, debu atau polusi, kulit yang sudah terkontaminasi bahan kimia akan mudah mengalami iritasi dan meradang.

4. Merusak Kesehatan Bibir

Bahaya tidak membersihkan make up sebelum tidur enggak hanya akan terasa pada kulit, tapi juga bibir kamu. Ya, tidur dengan lipstik masih menempel bisa menyebabkan kulit bibir menjadi kering dan mengelupas.

Hal ini karena kandungan yang terdapat dalam lipstik bisa mempercepat pigmentasi bibir alias menghitam. Jadi, setelah mengenakan lipstik yang highly pigmented seperti matte liquid lipstick, sebaiknya kamu melakukan scrub bibir setelah menghapus lipstik tersebut. Kemudian, aplikasikan lip balm sesaat sebelum tidur.

5. Infeksi Mata

Area mata juga akan terkena dampaknya bila kamu malas membersihkan make up sebelum tidur. Tidur dengan eyeshadow dan maskara masih menempel pada mata bisa berbahaya buat kesehatan mata kamu.

Baca Juga: Sakit Tapi Tak Berdarah, Ini 9 Ciri Lelaki yang Pura-Pura Mencintaimu

Pasalnya, butiran-butiran make up tersebut dapat menyumbat lubang air mata, masuk ke dalam mata, dan menyebabkan infeksi. Enggak cuma itu, bulu mata kamu juga akan rontok akibat maskara dan lem bulu mata yang menempel terlalu lama.

6. Merusak Sel Kulit Wajah

Rusaknya sel kulit wajah juga adalah bahaya tidak membersihkan make up yang mengerikan. Pasalnya, kandungan bahan kimia pada make up bisa berdampak langsung ke jaringan dan sel kulit wajah. Dampak paling ringan yang mungkin terjadi adalah penuaan dini, sedangkan dampak yang paling parah adalah kanker kulit.

7. Menghambat Proses Regenerasi Kulit

Malam hari ketika kamu tertidur adalah waktu terbaik bagi kulit untuk memperbarui sel-selnya. Nah, make up yang tidak dibersihkan dan masih menempel pada wajah ini bisa merusak proses alami ini. Akibatnya, kulit jadi rentan mengalami kerusakan, apalagi bila kamu sering melakukan kebiasaan buruk ini.

8. Timbul Parasit di Mata

Mengutip hellosehat.com, tungau bisa menjangkiti bagian mata Anda. Temuan terbitan Clinical Optometry menyatakan bila tidur pakai makeup meningkatkan risiko tungau hidup di garis air mata.

Garis air mata memiliki kelenjar minyak. Lingkungan berminyak membuat tungau bernama demodex ocular ini bertahan hidup.

Selain itu, aplikator kotor dan kosmetik berbahan dasar minyak mampu memicu timbulnya tungau ini.

9. Kerutan dan Kulit Kering

Saat Anda menggunakan makeup dan beraktivitas seharian di luar, wajah terkena polusi dan kotoran dari lingkungan luar.

Polusi dan kotoran adalah partikel radikal bebas. Sayangnya, keduanya kerap kali menempel pada makeup.

Baca Juga: Deretan Artis Indonesia yang Menyandang Status Janda Kaya Raya, Siapa Saja?

Radikal bebas memicu DNA pada kulit bermasalah hingga kadar kolagen berkurang. Efeknya, bahaya tidur pakai makeup mempercepat penuaan kulit dan timbul kerutan pada kulit.

Dalam waktu jangka panjang, tidur pakai makeup mengganggu proses pengelupasan sel kulit mati. Akibatnya, di sekitar bibir kulit terasa kering, kasar, dan mengelupas.

Itulah beberapa dampak yang cukup mengerikan dan bahaya jika tidak membersihkan makeup sebelum tidur. Karena itu, jangan malas ya untuk membersihkan wajah dari makeup sebelum tidur. (C)

Penulis: Sasmiraza

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga