Siswa Berharap Pembelajaran Tatap Muka Terus Berlanjut

Siswanto Azis, telisik indonesia
Selasa, 07 September 2021
0 dilihat
Siswa Berharap Pembelajaran Tatap Muka Terus Berlanjut
Sebelum masuk dalam kelas untuk melaksanakan PTM di SMP Negeri 1 Kendari, siswa wajib mengukur suhu tubuh. Foto: Siswanto Azis/Telisik

" Sistem pembelajaran tatap muka di SMP Negeri 1 Kendari hanya dua kali dalam seminggu per kelasnya dan sisanya tetap melalukan pembelajaran sistem daring atau online "

KENDARI, TELISIK.ID - SMP Negeri 1 Kendari, sudah dua hari ini mulai menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Menurut Kepala SMP Negeri 1 Kendari Abdul Hamid, sistem pembelajaran tatap muka di SMP Negeri 1 Kendari hanya dua kali dalam seminggu per kelasnya dan sisanya tetap melalukan pembelajaran sistem daring atau online.

"Untuk menghindari murid berkerumun, jam bejalar tatap mukanya hanya dua kali per minggu, selebihnya tetap daring,”ujar Abdul Hamid kepada Telisik.id, Selasa (7/9/2021).

Pantauan Telisik.id  di SMP Negeri 1 Kendari, sejak pukul 06.30 Wita, sejumlah siswa tampak mulai berdatangan. Para guru terlihat berdiri di depan gerbang sekolah untuk mengarahkan siswa untuk melakukan pengecekan suhu tubuh.

Setelah itu, siswa akan diminta untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menuju ke kelas. Tampak semua siswa yang datang sudah menggunakan masker dan saling menjaga jarak satu lain.

Setelah mencuci tangan, barulah siswa diperbolehkan masuk ke dalam lingkungan sekolah untuk menggelar TPM.

Di dalam kelas, satu meja diisi satu orang siswa.

Ruangan kelas terlihat tidak terisi penuh. Masing-masing murid duduk dengan jarak sekitar 1,5 meter.

Anawula Rahmadani, siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 1 Kendari,  mengaku sangat antusias dan senang dengan pelaksanaan pembelajaran tatap muka hari pertama ini.

"Saya sangat senang bisa sekolah tatap muka hari ini, karena sejak saya masuk di SMP Negeri 1 Kendari baru hari ini saya berpakaian seragam sekolah," tuturnya senang.

Anawula menceritakan, selama ini teman-teman sekelasnya hanya saling menyapa dan saling kenal saat belajar daring berlangsung, mereka belum pernah bertemu secara langsung.

“Waktu saya mendaftar di SMP Negeri 1 Kendari tahun 2020 itu sudah corona, belajarnya hanya daring dan baru hari ini sekolah langsung, saya ingin seterusnya sekolah begini,” ujarnya.

Baca Juga: 3 Tahun Kepemimpinan AMAN Penuh Tantangan, Kendala dan Ujian

Baca Juga: Sempat Viral, Motor yang Dicuri Ditemukan di Parkiran SMP 3 Raha

Hal senada juga diucapkan oleh Nasya Ananta, siswa SMP Negeri 1 Kendari kelas  VII-5. Menurutnya, saat memulai hari pertama pembelajaran tatap muka  ini, ia  merasa gugup. 

Sebab menurut Nasya, jika sejak mendaftar dan tercatat sebagai murid baru di SMP Negeri 1 Kendari beberapa bulan lalu baru kali ini ia masuk sekolah dan belajar tatap muka, karena sebelumnya ia hanya belajar sistem daring.

"Sama dengan Anawula, sejak saya masuk di sekolah ini, baru hari ini saya pakai seragam sekolah,” ucapnya

Untuk itu Nasya Ananta berharap agar pelaksanaan pembelajaran tatap muka seperti saat ini bisa berlanjut dan bisa dilaksanakan setiap hari.

"Saya saat ini sudah SMP jadi belajar juga harus lebih ditingkatkan lagi. Sebab kalau daring kurang efektif," terangnya. (A)

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga