Sudah Masuk Indonesia, Warga Bakal Divaksin Cacar Monyet?

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 24 Agustus 2022
0 dilihat
Sudah Masuk Indonesia, Warga Bakal Divaksin Cacar Monyet?
Vaksin cacar monyet bakal diberikan pada masyarakat yang rentan terjangkit virus ini. Foto: Repro Tirto.id

" Selain menjaga protokol kesehatan, Kemenkes bakal melakukan vaksinasi sebagai pencegahan "

JAKARTA, TELISIK.ID - Sejak Kementerian Kesehatan telah mengonfirmasi kasus cacar monyet di Indonesia, membuat kekhawatiran tersendiri karena bisa menular.

Selain menjaga protokol kesehatan, Kemenkes  bakal melakukan vaksinasi sebagai pencegahan.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan, kebijakan vaksinasi cacar monyet (monkeypox) tidak diberlakukan menyeluruh kepada seluruh masyarakat seperti vaksinasi COVID-19.

"Ini karena lebih segmennya khusus kita keep untuk diberikan ke yang mungkin lebih memiliki kans kena lebih besar, terutama yang imunitasnya rendah," kata Menkes, dikutip dari Antara.

Di samping itu, Menkes mengatakan bahwa cacar monyet tidak mudah menular sebagaimana yang terjadi pada COVID-19.

Baca Juga: 7 Cara Menjaga Kesehatan Mental Anak

Menkes menjelaskan, penularan cacar monyet hanya melalui kontak fisik dengan cairan dari bintik-bintik cacar seseorang yang sudah mengidap dan tidak melalui droplet laiknya COVID-19.

"Dia juga hanya bisa menular ketika (pengidap) secara fisik sudah kelihatan bintik-bintik cacarnya dan cairannya. Kalau COVID-19 kan masih sehat pun bisa menular jadi lebih berbahaya," katanya.

Oleh karena itu, vaksinasi hanya akan diberikan kepada orang-orang dengan imunitas yang sudah dipastikan rendah.

"Karena itu tadi, menularnya susah sekali, ini jauh lebih susah dibandingkan COVID-19, jadi enggak worth it untuk semua orang dikasih vaksin cacar monyet," kata Budi.

Lebih lanjut, Menkes menjelaskan, pemerintah sudah membeli vaksin cacar monyet yang disiapkan bagi para penderita serta kalangan dengan imunitas yang rendah.

"Sekarang vaksinnya sudah kita beli, sekarang sedang on the way datang. Obat-obatannya kita sudah terima, antivirus biasa," ujarnya.

Baca Juga: 12 Gejala Demam Berdarah pada Anak dan Cara Mengatasinya

Sebelumnya, pemerintah melalui Kemenkes mengumumkan satu kasus konfirmasi positif cacar monyet di Jakarta, pada pasien berusia 27 tahun.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Kemenkes, Mohammad Syahril. Menurutnya, pasien ini baru saja bepergian dari luar negeri, dan mengalami gejala demam pada 14 Agustus 2022.

"Hari ini ada satu terkonfirmasi dari Jakarta, baru satu berusia 27 tahun, dapat laporan pemeriksaan PCR tadi malam," ujar Syahril saat konferensi pers, dikutip dari Suara.com, pada Sabtu (20/8/2022). (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga