Sukseskan Sensus Pertanian, Pemkab Kolaka Timur Diganjar Penghargaan

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Selasa, 05 Desember 2023
0 dilihat
Sukseskan Sensus Pertanian, Pemkab Kolaka Timur Diganjar Penghargaan
Bupati Kolaka Timur terima penghargaan dari BPS dalam mensukseskan sensus pertanian. Foto: Ist.

" Bupati Kolaka Timur menerima piagam penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) RI sebagai bentuk partisipasi Pemda Koltim dalam menyukseskan Sensus Pertanian Tahun 2023 "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Bupati Kolaka Timur menerima piagam penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) RI sebagai bentuk partisipasi Pemda Koltim dalam menyukseskan Sensus Pertanian Tahun 2023.

Piagam ini diserahkan Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto dan Kepala BPS Sulawesi Tenggara Agnes Widiastuti, di Ruang Pola Kantor Gubernur, Senin (4/12/2023).

Atas raihan ini, Bupati Kolaka Timur menekankan pentingnya kerja sama antara pemerintah daerah, masyarakat, dan berbagai pihak terkait dalam mendukung pelaksanaan sensus pertanian sebagai upaya untuk memperoleh data yang akurat dan terkini di sektor pertanian.

Azis menyebut  sensus pertanian adalah instrumen penting yang memberikan gambaran menyeluruh mengenai kondisi sektor pertanian di wilayah suatu daerah.

Keberhasilan sensus pertanian ini lanjutnya, tidak terlepas dari peran aktif masyarakat dan semua pihak terkait.

Baca Juga: Pemda Kolaka Timur Panen Raya Padi dalam Pemenuhan Kebutuhan Pangan

"Bersyukur atas kerja sama yang baik selama pelaksanaan sensus ini. Penghargaan ini diharapkan menjadi motivasi bagi Pemda Kolaka Timur untuk terus aktif berpartisipasi dalam kegiatan sensus dan memberikan kontribusi positif dalam upaya pemetaan sektor pertanian Kolaka Timur, dan di Indonesia pada umumnya," ujarnya.

Sementara itu Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi Revianto, mengingatkan fokus belanja prioritas tahun 2024 meliputi pendidikan, perlindungan sosial, infrastruktur, kesehatan, ketahanan pangan serta hukum dan Hankam.

Andap juga menggambarkan perkembangan lingkungan strategis mengenai ketidakpastian perekonomian global, perubahan iklim, dan geopolitik yang memanas.

Baca Juga: Komit Turunkan Inflasi, Pemda Kolaka Timur Gelar Gerakan Pangan Murah

Andap Budhi Revianto berharap Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara dapat terus berupaya mewujudkan ketahanan pangan di daerah.

Andap meminta agar pemerintah daerah baik kabupaten dan kota dapat mengidentifikasi apa saja masalah pertanian di daerahnya. Misalnya seperti pupuk, alat pertanian, lahan dan permodalan.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Tenggara, Agnes Widiastuti menambahkan, pihaknya berharap kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara dapat menjadikan data BPS sebagai acuan menyalurkan bantuan ke petani agar tidak salah sasaran. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga