Tanggulangi Kemiskinan Ekstrem Pemda Muna Barat Salurkan BLT APBD

Putri Wulandari, telisik indonesia
Jumat, 28 Oktober 2022
0 dilihat
Tanggulangi Kemiskinan Ekstrem Pemda Muna Barat Salurkan BLT APBD
Pemkab Muna Barat dalam penanggulangan kemiskinan ekstrem salurkan BLT APBD bagi masyarakat kelurahan. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Dalam rangka penanganan kemiskinan ekstrem, pemerintah Kabupaten Muna Barat beri Bantuan Langsung Tunai (BLT) APBD pada 5 kelurahan "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Dalam rangka penanganan kemiskinan ekstrem, pemerintah Kabupaten Muna Barat beri Bantuan Langsung Tunai (BLT) APBD pada 5 kelurahan.

Kemiskinan ialah suatu masalah multi dimensi dan multi sektor dengan beragam karakteristik yang harus segera ditanggulangi, pasalnya hal ini menyangkut harkat, martabat dan hak asasi manusia yang dapat menghambat upaya terwujudnya kesejahteraan umum.

Sehingga saat ini pemerintah menyusun langkah strategis, efisien dan efektif dalam menanggulangi kemiskinan ekstrem dengan meningkatkan pendapatan keluarga.

Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri katakan, di tengah inflasi daerah, menyebabkan korelasi dalam peningkatan masyarakat miskin, maka sesuai intruksi presiden ada tiga langkah strategis dalam menanggulangi kemiskinan ekstrem tersebut.

Baca Juga: Turunkan Angka Kemiskinan, Wabup Brebes Contek Inovasi Pemkab Muna

"Tiga langkah strategi itu, ialah dengan mengurangi beban pengeluaran masyarakat, menaikkan beban pendapatan dan mengurangi kantong-kantong kemiskinan," ungkapnya, Jumat (28/10/2022).

Direktur Perencanaan Keuangan Daerah Kemendagri itu menyebut, adanya penemuan kantong-kantong kemiskinan yakni terdapat di kelurahan, sebab dikatakannya pada desa telah ada dana dari 40 persen Dana Desa (DD) yang diperuntukkan BLT.

Maka berdasarkan kesepakatan pemerintah dan DPRD, pada APBD perubahan telah dipersiapkan anggaran BLT APBD untuk masyarakat kelurahan kategori kemiskinan ekstrem.

"Kita berikan pada masyarakat sejumlah Rp 300 ribu, kali 4 bulan dan kemudian di 2023 diberikan selama 12 bulan," ujarnya.

Baca Juga: Kotak Amal Masjid Agung Almunawarah Muna Digasak Maling

Ia katakan, total anggaran yang dipersiapkan pada APBD perubahan sekitar Rp 400 juta untuk 5 kelurahan yang ada di Muna Barat, yaitu Kelurahan Tiworo, Kelurahan Waumere, Kelurahan Lapadaku, Kelurahan Wamelai dan Kelurahan Konawe.

Sementara itu, Lurah Wamelai, Ali Ode Pua, katakan, dengan adanya BLT APBD ini, dapat menyentuh masyarakat kelurahan yang selama ini tak mendapatkan bantuan BLT layaknya warga di desa.

"Tadi telah terima secara simbolis, diwakilkan dua orang, untuk jumlah penerima keseluruhan nanti dijadwalkan oleh Dinsos," ujarnya.

Ia juga menyampaikan rasa hormat dan berterima kasih kepada pemerintah daerah yang telah mengalokasikan dan menyalurkan dana ke warga kelurahan dalam bentuk BLT APBD. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga