Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Lakukan Penandatanganan Komitmen Menuju WBK dan WBBM

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Jumat, 05 Januari 2024
0 dilihat
Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Lakukan Penandatanganan Komitmen Menuju WBK dan WBBM
Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara saat menandatangani komitmen bersama menuju WBK dan WBBM. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara gelar penandatanganan komitmen bersama dalam pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM) "

KENDARI, TELISIK.ID - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara gelar penandatanganan komitmen bersama dalam pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM), Jumat (5/1/2024).

Kegiatan penandatanganan dilakukan bersama Kepala Devisi dan Kepala UPT Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara yang disaksikan langsung oleh Kepala Ombudsman Perwakilan Sulawesi Tenggara.

Kepala Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara, Silvester Sili Laba mengatakan, dalam menyongsong zona integritas menuju WBK dan WBBM Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara akan terus mengembangkan inovasi-inovasi baru.

"Seperti inovasi sebelumnya Aplikasi Sili Laba dimana semua pelaksanaan fungsi real time itu dipantau dan terbuka untuk semua masyarakat semua orang bisa melihatnya," ungkapnya.

Baca Juga: Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara dan BPK RI Bersinergi untuk Peningkatan Transparansi Keuangan Negara

Lanjut Silvester Sili Laba, Aplikasi Sili Laba akan menjadi perhatian dalam mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik di Sulawesi Tenggara.

Ia juga mengungkap, dilihat dari penilaian masih terdapat beberapa daerah yang belum mendapat predikat WBK, pihaknya akan terus melakukan pendampingan dan penguatan, serta melakukan evaluasi secara real time.

"Tiap hari kita lakukan apel duduk, evaluasi secara real time kegiatan kemarin paginya kita evaluasi agar kita tau dimana ada permasalahan," jelasnya.

Silvester Sili Laba menjelaskan, dalam inovasi terbarunya pihaknya akan melakukan makan bersama setiap apel pagi untuk jajajaran pimpinan dan staf Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara.

"Itu seperti di Pena ma, dalam rangka saling memahami dan memperkuat tali silaturahmi," jelas Kakanwil.

Ia membeberkan, predikat WBK diraih pertama kali Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara pada tahun 2020, kemudian di tahun 2021 Bapas Kendari, 2022 Kantor Imigrasi Kendari, dan 2023 Bapas Baubau.

"Dari seluruh Indonesia pada tahun 2022 hanya ada tiga yang meraih predikat WBK dan salah satunya dari Sulawesi Tenggara," jelasnya.

Baca Juga: Sinergi Kanwil Kemenkumham dan Pj Gubernur Sulawesi Tenggara

Sementara itu, Kapala Perwakilan Ombudsman Sulawesi Tenggara, Mastri Susilo mengatakan, dalam penilaian WBK untuk lingkup Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara, khusunya Bapas Baubau itu mendapatkan nilai baik sehingga diberikan predikat WBK untuk tahun 2023.

Ia menambahkan, dalam empat tahun berturut-turut Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara UPT-nya selalu mendapatkan predikat WBK.

Ia mengungkapkan, predikat ini menjadi momentum untuk yang lain dapat berbenah dan yang mendapatkan predikat WBK untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan publiknya.

"Ombudsman dalam posisi penilaian WBK itu sebagai penilai akhir dalam hal clearance yang di minta oleh Pan RB dalam rangka mengkonfirmasi apakah ada lapora kepada Ombudsman apa tidak," ungkapnya. (Adv-B)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga