Tips Obati Kaki Melepuh Saat Ibadah Haji, Jangan Pakai Odol

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Rabu, 24 Mei 2023
0 dilihat
Tips Obati Kaki Melepuh Saat Ibadah Haji, Jangan Pakai Odol
Saat ibadah haji atau umrah, cuaca panas di Arab Saudi tak jarang membuat kulit kita kepanasan hingga melepuh. Foto: Repro Mediaindonesia.com

" Kepala Bidang Kesehatan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, dr M. Imran mengingatkan bahaya kaki melepuh bagi jemaah haji "

MEKKAH, TELISIK.ID - Arab Saudi dikenal sebagai negara gurun pasir yang punya suhu lebih tinggi dari Indonesia. Cuaca tersebut akibatnya membuat banyak jamaah haji atau umrah kakinya melepuh karena terlalu panas.

Dilansir dari Okezone.com, Kepala Bidang Kesehatan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi dr M. Imran mengingatkan bahaya kaki melepuh bagi jemaah haji. Penggunaan alas kaki pun menjadi hal yang penting untuk diperhatikan saat melakukan aktivitas di luar hotel.

Kasus kaki melepuh biasanya terjadi karena peserta calon haji memaksakan jalan tanpa sandal. Akibatnya, kedua telapak kakinya melepuh, sehingga perlu pengobatan dan perawatan setidaknya selama satu minggu.

"Biasanya peserta calon haji Indonesia meninggalkan sandalnya di luar masjid seperti kebiasaan di Tanah Air dan saat kembali sandalnya tidak ada atau keluar dari pintu yang berbeda," tambah Imran.

Baca Juga: 918 Jamaah Haji Sulawesi Tenggara Diberangkatkan Tahun Ini

Dikutip dari Mnctrijaya.com, untuk kaki melepuh, jelas Imran, perlu pengobatan dan perawatan setidaknya selama satu minggu.

"Bahkan jika yang bersangkutan memiliki penyakit bawaan seperti diabetes, bisa sampai dua minggu perawatan. Oleh karena itu, saat sandal hilang, maka sampaikan ke petugas," katanya.

Baca Juga: Kuota Calon Jamaah Haji Kolaka Utara Tahun Ini Capai 120 Orang

Imran menyebutkan, akan ada petugas kesehatan yang berjaga di sektor satu Masjid Nabawi serta ada petugas yang mobile membawa sandal, masker, dan obat-obatan untuk pertolongan pertama pada saat terik sebelum waktu salat Dhuhur sampai dengan selepas Asar.

"Jangan pernah menggunakan odol saat kaki melepuh, karena justru bisa memperparah, karena tidak bisa terjadi penguapan dan menyebabkan panas ke dalam. Oleh karenanya, pertolongan pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengguyur menggunakan air dingin selama 30 menit dengan cara dipapah terlebih dahulu," sebut Imran.

Selain kaki melepuh, kasus lain akibat cuaca panas adalah dehidrasi, heat exhaustion atau kondisi kelelahan yang ekstrem sebab tubuh terpapar suhu panas disertai dehidrasi, serta heat stroke atau kondisi cidera panas yang paling serius dan dapat menyebabkan kematian. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga