Wali Kota Kendari Minta Penerapan Prokes di Sekolah Dievaluasi

Sumarlin, telisik indonesia
Rabu, 03 November 2021
0 dilihat
Wali Kota Kendari Minta Penerapan Prokes di Sekolah Dievaluasi
Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir. Foto: Sumarlin/Telisik

" Kita mengawasi betul, karena ada beberapa catatan seperti sarana cuci tangan dan penggunaan masker masih terus kita evaluasi. Alhamdulillah tidak ada kasus penyebaran Covid di sekolah-sekolah "

KENDARI, TELISIK. ID - Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir meminta Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Kendari melakukan evaluasi terhadap penerapan protokol kesehatan (prokes) di sekolah saat berlangsungnya proses belajar mengajar tatap muka.

Hal ini dilakukan karena banyaknya laporan masuk terkait siswa yang tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan, salah satunya tidak menggunakan masker.

"Kita mengawasi betul, karena ada beberapa catatan seperti sarana cuci tangan dan penggunaan masker masih terus kita evaluasi. Alhamdulillah tidak ada kasus penyebaran Covid di sekolah-sekolah," ujarnya, Rabu (3/11/2021).

Terkait perubahan status Kota Kendari yang berada pada level 1, wali kota mengaku, masih akan mengukur apakah memungkinkan untuk menambah intensitas jumlah siswa yang masuk sekolah atau tidak.

"Langkah-langkah yang kita ambil kita harus pastikan tidak memberikan dampak negatif terhadap situasi yang sudah kondusir," tambahnya.

Di tempat terpisah, Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Kota Kendari, Samsu Alam mengatakan, mereka akan melakukan operasi yustisi secara rutin di seluruh satuan pendidikan yang melakukan pembelajaran tatap muka (PTM).

Menurutnya, upaya ini dilakukan untuk memastikan seluruh warga sekolah mulai dari kepala sekolah, guru kelas, tenaga kependidikan dan murid tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Kami awasi penggunaan masker. Kemudian pengaturan jarak antara murid. Tidak boleh menimbulkan kerumunan. Juga kesiapan sarana dan prasarana prokesnya seperti tersedianya tempat mencuci tangan bagi murid dan guru-guru,” katanya.

Baca Juga: Hanya 16 se-Indonesia, 1 di Sultra, Gedung Satpas Prototipe Sat Lantas Polres Kendari Diresmikan

Baca Juga: Ini Hasil RDP Komisi III DPRD Kendari Terkait Dugaan Pelanggaran RTRW PT PMP

Untuk memaksimalkan operasi, pihaknya menurunkan empat regu. Setiap regu beranggotakan sekira 20 petugas gabungan. Seluruh regu melakukan operasi di seluruh sekolah yang menggelar PTM.

Operasi yang dilakukan ini lebih mengarah pada penyadaran dan edukasi pada anak-anak sejak dini pentingnya mematuhi prokes. (B)

Reporter: Sumarlin

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga