Waspada, Gunung Sinabung Kembali Erupsi Setinggi 3.500 Meter

Ones Lawolo, telisik indonesia
Rabu, 19 Mei 2021
0 dilihat
Waspada, Gunung Sinabung Kembali Erupsi Setinggi 3.500 Meter
Puncak Gunung Sinabung. Foto: Ist.

" Bagi masyarakat yang bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya banjir lahar dingin apabila terjadi hujan. "

MEDAN, TELISIK.ID - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut), kembali muntahkan awan panas guguran (APG) dengan jarak luncur sejauh 3.000 meter ke arah timur tenggara.

Peristiwa itu terjadi pada Rabu (19/5/2021) sekira pukul 04.48 WIB.

Menurut laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), selain awan panas guguran, Gunung Sinabung juga mengeluarkan kolom erupsi setinggi 3.500 meter dari atas puncaknya.

Berdasarkan hasil pengamatan PVMBG, erupsi kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan selatan.

Baca juga: ASDP Feri Kolaka Kembali Dibuka, Calon Penumpang Wajib Rapid Test

Baca juga: Tapal Batas Kota Kendari-Konawe Selatan Disepakati

Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi 11 menit 18 detik.

Sementara itu, Status Gunung Sinabung masih tetap berada pada level III atau siaga.

Dengan melihat adanya laporan perkembangan aktivitas vulkanik Gunung Sinabung, masyarakat diimbau agar tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya sejauh 5 kilometer dari puncak.

Selain itu, masyarakat juga diminta memakai masker bila ke luar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik.

"Bagi masyarakat yang bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya banjir lahar dingin apabila terjadi hujan," kata petugas pengamat Gunung Sinabung, Armen Putra kepada Telisik.id. (B)

Reporter: Ones Lawolo

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga