WNA di Sultra Mulai Dapatkan Vaksinasi COVID-19

Siswanto Azis, telisik indonesia
Jumat, 27 Agustus 2021
0 dilihat
WNA di Sultra Mulai Dapatkan Vaksinasi COVID-19
Para WNA yang akan mendapatkan vaksinasi. Foto: Siswanto Azis/Telisik

" Wakil Komandan Satuan (Wadansat) Brimob Polda Sultra AKBP Alfred Ramses Sianipar mengatakan, hari ini sebanyak 10 WNA datang di Brimob untuk vaksinasi "

KENDARI, TELISIK.ID - Warga Nagara Asing (WNA) yang saat ini berada di Sulawesi Tenggara (Sultra), mulai mendapatkan vaksinasi yang difasilitasi oleh Satuan Brigade Mobil (Sat Brimob) Polda Sultra, Jumat (27/8/2021).

Wakil Komandan Satuan (Wadansat) Brimob Polda Sultra AKBP Alfred Ramses Sianipar mengatakan, hari ini sebanyak 10 WNA datang di Brimob untuk vaksinasi.

WNA tersebut  kata dia, dibawa oleh pihak Imigrasi Kelas 1A Kendari.

"Saat ini dari pihak Imigrasi baru bisa menghadirkan sebanyak 10 orang untuk divaksin," katanya.

Namun demikian, dari 10 orang WNI yang akan melakukan vaksinasi, tambah AKBP Alfred Ramses Sianipar,  hanya satu orang yang dapat menerima vaksin jenis sinovac, sebab kesembilan orang WNA tersebut tidak memiliki Surat Keterangan Tempat Tinggal.

"Kita sudah data dan cek ternyata ada yang tidak membawa SKTT atau Surat Keterangan Tempat Tinggal dari RT yang di tembuskan ke kelurahan,” ungkapnya.

Meski demikian, AKBP Alfred Ramses Sianipar mengaku, pihaknya tetap akan melakukan penyuntikan vaksinasi jika para WNA tersebut telah memiliki SKTT, karena dalam surat keterangan tersebut terdapat NIK yang akan diinput, sehingga bisa dikeluarkan sertifikat vaksianasi.

Baca Juga: Nama Apriyani Rahayu Diabadikan di GOR Kendari, Ini Kata Gubernur Ali Mazi

Baca Juga: Panglima TNI, Kapolri dan Menpora Tinjau Kesiapan Stadion PON XX Papua

"Tetap semua kita layani yang penting ada SKTT-nya karna di SKTT ada NIK-nya," katanya.

Kepala Imigrasi Kelas IA Kendari Barlian Gunawan mengatakan, pihaknya mendukung WNA melakukan vaksinasi khususnya yang tidak mendapat fasilitasi dari perusahaan tempat mereka bekerja.

Barlian mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil agar para WNA tersebut bisa mendapat SKTT, sehingga mereka dapat melakukan vaksinasi.

Selain itu, Imigrasi Kendari kedepannya juga akan melakukan sosialisasi kepada perusahaan-perusahaan agar para WNA bisa mendapatkan vaksinasi.

"Untuk WNA di Sultra sekitar 2.000-an orang, untuk hari ini baru 10 orang akan divaksin, namun sedikit terkendala sama SKTT, maka kita akan sampaikan ke Dinas Dukcapil mudah-mudahan ada fasilitasi untuk surat keterangan tempat tinggal," ujarnya. (B)

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga