Yuk, Lakukan 6 Kegiatan Ini untuk Tingkatkan Kualitas Diri Kamu

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 21 April 2022
0 dilihat
Yuk, Lakukan 6 Kegiatan Ini untuk Tingkatkan Kualitas Diri Kamu
Pemuda yang sedang belajar agar kualitas diri meningkat. Foto: Repro hipwee.com

" Dengan terus meningkatkan kualitas diri menjadi cara agar kita tetap bisa bersaing di zaman modern seperti saat ini "

KENDARI, TELISIK.ID - Perubahan sosial saat ini begitu pesat, sehingga setiap orang dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan zaman.

Dengan terus meningkatkan kualitas diri menjadi cara agar kita tetap bisa bersaing di zaman modern seperti saat ini. Namun untuk menjadi lebih berkualitas, tidak selamanya harus menempuh pendidikan tinggi, tapi dapat juga melakukan kegiatan lainnya di luar pendidikan dengan cara belajar secara mandiri.

Mengutip journals.upi-yai.ac.id, belajar mandiri adalah peningkatan pengetahuan, keahlian, prestasi, dan pengembangkan diri individu yang diawali dengan inisiatif sendiri dengan belajar perencanaan belajar sendiri (self planned) dan dilakukan sendiri (self conducted), menyadari kebutuhan belajar, tujuan belajar, membuat strategi belajar, lalu menilai hasilnya.

Dengan meningkatkan kualitas diri, maka kita pun dapat menjadi lebih disegani oleh orang lain. Selain itu, kita juga dapat menjadi contoh bagi orang lain.

Banyak cara yang dapat dilakukan seseorang untuk meningkatkan kualitas dirinya.

Melansir yoursay.id, berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas diri kamu:

1. Selalu Berpikir Positif

Pikiran menjadi salah satu yang paling berpengaruh terhadap diri kita. Makanya menjaga agar pikiran selalu positif harus terus dilakukan.

Dengan berpikir positif, kita akan lebih bersemangat dalam menjalani setiap tantangan hidup, sehingga kita dapat terus meningkatkan kualitas diri kita.

2. Belajar Bahasa Asing

Kegiatan pertama yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas maupun skill diri yaitu dengan cara mempelajari bahasa asing seperti bahasa Inggris, bahasa Arab, atau bahasa internasional lainnya.

Baca Juga: Mikha Tambayong Jadi Wanita Paling Cantik di Indonesia Tahun 2022, Ternyata Ini Rahasianya

Dengan menguasai bahasa asing tertentu, kualitas diri kamu perlahan akan meningkat sehingga bisa berkomunikasi dengan orang asing dalam situasi tertentu. Kamu bisa belajar bahasa asing secara otodidak melalui internet atau dengan kursus jika ada dana lebih.

3. Mengikuti Pelatihan di Bidang Tertentu

Kalau kamu menyukai bidang tertentu namun tidak mempunyai kesempatan untuk mempelajarinya di perkuliahan, kamu bisa mengikuti pelatihan di bidang yang kamu sukai tersebut. Misalnya kamu sangat tertarik di bidang IT, kamu bisa mengikuti pelatihannya di berbagai pusat pelatihan.

Saat ini, sudah banyak pusat-pusat pelatihan terpercaya di berbagai bidang yang dapat meningkatkan kemampuan dan kualitas diri kamu.

4. Membaca Buku

Pepatah bilang, buku adalah jendela dunia. Sebab, dengan buku kita dapat mengetahui sisi lain dari dunia. Kita dapat mengetahui banyak hal yang tidak diketahui banyak orang. Dengan membaca buku, entah buku ilmu pengetahuan atau buku di bidang tertentu, tentunya akan meningkatkan kualitas diri kita karena pengetahuan yang kita dapat dari buku tersebut. Bisa dibilang, membaca buku adalah cara sederhana untuk meningkatkan kualitas diri.

5. Berbagi Ilmu yang Dikuasai

Kalau di poin-poin sebelumnya untuk meningkat kualitas diri kita menyerap ilmu, namun di poin keempat ini adalah sebaliknya.

Jika kita menguasai ilmu atau bidang tertentu dan kita tidak pelit untuk membagi ilmu tersebut, maka orang-orang akan jauh lebih menghormati kita.

Baca Juga: Niki Zefanya Jadi Musisi Wanita Pertama Indonesia yang Manggung di Coachella 2022

Selain itu, dengan berbagi ilmu, maka ilmu kita pun akan terus bertambah. Dengan demikian, kita dapat membantu orang lain sekaligus dapat meningkatkan kualitas diri yang dimiliki.

5. Membantu Sesama yang Membutuhkan

Terakhir, untuk dapat meningkatkan kualitas diri, kita bisa melakukan hal sederhana seperti membantu sesama yang sedang membutuhkan. Misalnya, kita membantu teman yang sedang membutuhkan bantuan.

Jika kita sanggup dan bisa membantu serta tidak merugikan diri sendiri, maka alangkah lebih baiknya kita membantunya. Dengan membantu sesama, maka kualitas diri pun akan meningkat dengan sendirinya. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga