2 Atlet Triathlon Sulawesi Tenggara Raih Prestasi Tingkat Internasional

Idris , telisik indonesia
Senin, 10 Oktober 2022
0 dilihat
2 Atlet Triathlon Sulawesi Tenggara Raih Prestasi Tingkat Internasional
Erling dan Firny Anissa, berhasil menorehkan prestasi pada ajang event Internasional Ironman 70.3 di Lombok yang diikuti 406 peserta dari 33 negara. Foto: Ist

" Dua atlet triathlon asal Sulawesi Tenggara, Erling dan Firny Anissa berhasil menorehkan prestasi pada ajang event Internasional Ironman 70.3 di Lombok "

KENDARI, TELISIK.ID - Dua atlet triathlon asal Sulawesi Tenggara, Erling dan Firny Anissa berhasil menorehkan prestasi pada ajang event Internasional Ironman 70.3 di Lombok pada Sabtu (8/9/10/2022).

Erling dan Firny Anissa, Atlet Triathlon asal Sulawesi Tenggara, baru saja berhasil meraih juara yang diikuti 406 peserta dari 33 negara.

Pada event Internasional Ironman 70.3 tersebut, Firny berhasil meraih juara pertama untuk kategori Individual Woman, usia 18-24 tahun dan berhasil menduduki peringkat kedua untuk kategori umum wanita, mengalahkan berbagai atlet dari 33 negara lainnya.

Baca Juga: Digulung Malaysia 1-5, Indonesia Gagal ke Piala Asia

Sedangkan Erling, berhasil meraih juara pertama untuk kategori Individual Man, usia 18-24 tahun dan berhasil menjadi peringkat ke tujuh untuk kategori umum pria.

Erling dan Firny tidak menyangka masuk dalam urutan 10 besar pada event Internasional Ironman 70.3 tersebut, di mana para pesaingnya bukan hanya atlet berasal dari dalam negeri, melainkan dari mancanegara.

Mereka merasa sangat senang dan bersyukur atas prestasi yang diraih keduanya, di mana bisa mengharumkan nama Indonesia dan juga daerah.

"Kami Triathlon Sultra merasa bangga bisa mewakili Indonesia di kejuaraan Internasional Ironman 70.3 di Lombok," ucap Firny.

"Semoga prestasi ini bisa kami pertahankan dan tetap giat berlatih untuk mengharumkan nama daerah dan negara," tambah Erling.

Sementara itu, Ketua Pengprov Federasi Triathlon Sulawesi Tenggara, Faruly Wijaya mengatakan, merasa bangga atas prestasi yang diraih kedua atletnya tersebut.

"Kemarin, kita ada 2 orang atlet dari Sulawesi Tenggara yakni Erling dan Firny. Mengikuti lomba Triathlon Internasional, yang disebut dengan Ironman 70.3 di Lombok. Alhamdulillah mereka berdua berhasil mendapatkan peringkat pertama untuk kategori umur 18-24 tahun," ujarnya.

Lanjut ia juga mengatakan, ke dua atlet itu, merupakan putra-putri Sulawesi Tenggara yang menjadi atlet binaan dari Federasi Triathlon Indonesia Provinsi Sulawesi Tenggara.

"Tentu tidak terlepas dari latihan mereka selama di Basecamp Triathlon Jasalindo Lawang, Jawa Timur," tuturnya.

Faruly Wijaya menambahkan, saat ini kedua atlet tersebut tengah mempersiapkan diri untuk kejuaraan Sae Games 2023 di Kamboja nanti.

Baca Juga: Siswa SD 81 Kendari Juara Umum Pencak Silat Usia Dini, Emas hingga Perunggu Diborong

"Mereka di sana mendapatkan pelatihan yang diasuh oleh pelatih dari Brazil, yang selama ini memberikan pelatihan kepada mereka untuk membentuk Firny dan Erling ini. Semoga bisa menjadi atlet yang berbicara di taraf internasional," harapnya.

Untuk diketahui, triathlon merupakan tiga serangkaian cabang olahraga yang merangkum olahraga renang, balap sepeda dan juga lari yang dilakukan secara berkesinambungan.

Pada event Internasional Ironman 70.3 ini para peserta berenang sejauh 1,9 kilometer, bersepeda sejauh 90,1 kilometer dan lari sejauh 21.1 kilometer. (A)

Penulis: Idris

Editor: Kardin

Baca Juga