483 Caleg DPRD Kota Kendari Resmi Tarung Pemilu 2024

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Jumat, 03 November 2023
0 dilihat
483 Caleg DPRD Kota Kendari Resmi Tarung Pemilu 2024
Penyerahan SK DCT KPU Kota Kendari ke parpol peserta pemilu, Jumat, (3/11/2023). Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

" Hilal calon anggota legislatif yang bakal tarung di Pileg DPRD Kota Kendari sudah terlihat. KPU Kota Kendari menyerahkan salinan SK daftar calon tetap (DCT) kepada para parpol peserta pemilu, Jumat (3/10/2023) sore "

KENDARI, TELISIK.ID - Hilal calon anggota legislatif yang bakal tarung di Pileg DPRD Kota Kendari sudah terlihat. KPU Kota Kendari menyerahkan salinan SK daftar calon tetap (DCT) kepada para parpol peserta pemilu, Jumat (3/10/2023) sore.

Dari 18 parpol peserta pemilu, hanya 4 parpol yang hadir di KPU Kota Kendari, Jalan Chairil Anwar, Puuwatu. Satu per satu perwakilan parpol diberi salinan SK DCT.

Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Saleh mengatakan, ada 483 orang yang lolos tahapan DCT dan resmi menjadi calon anggota legislatif yang bakal tarung di Pemilu 2024. Jumlah tersebut merupakan jumlah yang sama dengan saat ditetapkan saat DCS Oktober lalu.

Baca Juga: KPU Sulawesi Tenggara Tetapkan 691 DCT Pemilu 2024, Dua Bacaleg Dibatalkan karena Palsukan Dokumen

Baca Juga: Din Syamsuddin Anggap Anies-Muhaimin Bukan Bawa Politik Sektarianisme Muhammadiyah-NU

"Laki-laki 304, perempuan 179," jelas Jumwal.

Meski begitu, jumlah tersebut jauh dari kuota yang disediakan KPU untuk Kota Kendari yang punya 6 dapil. Ada beberapa partai yang tak mengisi penuh dapil, seperti partai Buruh, Hanura, PKN dan PSI.

Ketua Bawaslu Kota Kendari, Sahinuddin mengatakan, pihaknya membuka kesempatan seluas-luasnya bagi parpol yang tak setuju dengan keputusan DCT yang telah dibuat, yaitu selama tiga hari kerja setelah penetapan DCT , Sabtu, (4/11/2023) besok. (B)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga