6 Keajaiban Salat Tahajud, Dimuliakan Oleh Allah di Dunia dan di Akhirat

Haerani Hambali, telisik indonesia
Minggu, 31 Oktober 2021
0 dilihat
6 Keajaiban Salat Tahajud, Dimuliakan Oleh Allah di Dunia dan di Akhirat
Salat tahajud adalah salat sunnah yang paling mulia, satu-satunya salat sunnah yang perintahnya langsung disebutkan dalam Al-Qur'an. Foto: Repro popmama.com

" Salat tahajud merupakan amalan sunnah yang sangat dianjurkan dalam islam, karena memiliki banyak keutamaan "

KENDARI, TELISIK.ID - Salat malam merupakan salah satu bentuk ibadah yang mulia sebagaimana firman Allah dalam QS. Al Isra’ ayat 79 berikut:

“Dan pada sebagian malam hari salat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra’: 79).

Tahajud dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah tidur sambil berjaga agar siap melakukan salat tengah malam atau membaca Al-Qur'an.

Baca Juga : Ini Bahayanya Menunda Salat di Akhir Waktu

Salat tahajud adalah salat sunnah satu-satunya yang perintahnya langsung disebutkan dalam Al-Qur'an lengkap dengan keutamaannya.

Salat tahajud hukumnya sunnah muakkadah, yaitu salat sunnah yang sangat dianjurkan.

Berikut ini keajaiban salat tahajud yang akan didapatkan bagi orang yang rutin melakukanya, dikutip dari Merdeka.com.

1. Terpuji dan Mulia di Sisi Allah SWT

Orang yang melaksanakan salat tahajud akan diberikan tempat terpuji dan mulia di sisi Allah SWT sesuai janji Allah, bagi yang menunaikan salat tahajud dengan tekun dan ikhlas, sebagaimana firman Allah SWT:

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam taman-taman (surga) dan mata air, mereka mengambil apa yang diberikan Tuhan kepada mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu (di dunia) adalah orang-orang yang berbuat baik; mereka sedikit sekali tidur pada waktu malam; dan pada akhir malam mereka memohon ampunan (kepada Allah).”  (Adh-Dhariyat 51: 15-18)

2. Dosa Dihapuskan

Dalam sebuah hadis Rasulullah SAW bersabda: “Salat tahajud dapat menghapus dosa, mendatangkan ketenangan, dan menghindarkan diri dari penyakit.” (HR. Tirmidzi).

Tak hanya menghapus dosa, dalam hadis tersebut keajaiban salat tahajud juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, yaitu dapat mendatangkan ketenangan dan menghindarkan diri dari penyakit.

3. Doa Dikabulkan

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: “Barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barangsiapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya.” (HR. Bukhari).

4. Dijanjikan Balasan Surga

Allah SWT telah menjanjikan surga bagi hamba yang taat kepada-Nya. Sebaliknya, Dia menjadikan neraka sebagai hukuman bagi hamba yang durhaka.

Allah SWT juga telah menunjukkan kepada kita cara-cara untuk menggapai surga-Nya. Salah satu cara untuk masuk surga adalah dengan melaksanakan salat tahajud.

Di ceritakan dari Abdullah bin Salam RA bahwasanya Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Wahai sekalian manusia, sebarluaskanlah ucapaan salam, berikanlah makanan dan salatlah kamu pada malam sewaktu manusia sedang tidur: niscaya kamu sekalian akan masuk surga dengan selamat”. (HR Tirmidzi).

5. Ganjaran Setimpal di Akhirat

Dalam surat Az-Zariyat ayat 15-18 telah disebutkan bahwa orang yang senantiasa melakukan salat tahajud, insya Allah akan mendapatkan sebuah balasan yang setimpal yang diberikan oleh Allah SWT kelak di akhirat.

Dalam ayat tersebut menyebutkan bahwa. “Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, seraya mengambil apa yang Allah SWT berikan kepada mereka. Sebelumnya mereka telah berbuat baik (di dunia), mereka adalah orang-orang yang sedikit tidurnya di waktu malam dan di akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah.” (QS. Az Zariyat: 15-18).

6. Menjaga Kesehatan Rohani

Keajaiban salat tahajud juga dapat menjaga kesehatan rohani dan membuat kita ingat selalu kepada Allah SWT. Allah akan memberikan pujian kepada siapa saja yang mau shalat tahajud. Dia juga akan memasukkannya ke dalam kelompok hamba-Nya yang baik-baik.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Q.S Ali Imran 3:113,

“Mereka itu tidak sama dengan ahli kitab itu ada golongan yang berlaku lurus, mereka membaca ayat-ayat Allah SWT. Pada beberapa waktu di malam hari sedang mereka bersujud (sembahyang).”

Rasulullah SAW dalam hadis lainnya bersabda, siapa salat malam dengan sebagus-bagusnya, maka Allah SWT, memuliakan sembilan perkara.

Lima perkara diberikan di dunia dan empat perkara di akhirat. Adapun lima keutamaan di dunia adalah:

1) dipelihara oleh Allah SWT dari segala macam bencana

2) tanda ketaatannya akan kelihatan di wajahnya

3) dicintai para hamba Allah yang saleh dan dicintai oleh semua manusia

4) dijadikan orang yang bijaksana, yakni diberi pemahaman dalam agama

5) Allah menjadikannya sebagai orang yang bijak. Yakni dia dianugerahi oleh Allah sebagai orang yang alim.

Sedangkan empat keutamaan di akhirat adalah:

1) wajahnya berseri ketika bangkit dari kubur di hari pembalasan

2) mendapatkan keringanan ketika dihisab

3) menyeberangi jembatan Shiratal Mustaqim dengan sangat cepat, seperti halilintar yang menyambar

4) catatan amalnya akan diberikan di tangan kanan.

Baca Juga : Ingin Khusyuk Saat Salat? Ini Tipsnya

Dilansir dari Tribunnews.com, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam biasa melaksanakan salat tahajud sebelas rakaat, dengan rincian 2 rakaat sebanyak 4 kali kemudian ditutup dengan salat witir sebanyak 3 rakaat.

Keutamaan lainnya salat tahajud dan berdoa di sepertiga malam adalah:

1. Menenangkan dan jadi obat Hati

Al-‘Allamah Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan,

“Cobalah renungkan bagaimana Allah membalas salat malam yang mereka lakukan secara sembunyi dengan balasan yang Ia sembunyikan bagi mereka, yakni yang tidak diketahui oleh semua jiwa. Juga bagaimana Allah membalas rasa gelisah, takut dan gundah gulana mereka di atas tempat tidur saat bangun untuk melakukan salat malam dengan kesenangan jiwa di dalam Surga.”

2. Kedudukan Terpuji

Sebagaimana firman Allah dalam surat Al Isra ayat 79:

“Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Israa’: 79)

3. Salat Sunnah Paling Utama

Tahajud yang juga disebut qiyamul lail atau salat lail merupakan salat sunnah yang paling utama.

Sebagaimana sabda Rasulullah:

“Salat yang paling afdhol setelah salat fardhu adalah salat malam” (HR. An Nasa’i)

4. Kemuliaan dan Kewibawaan

Orang-orang yang ahli salat tahajud akan mendapatkan kedudukan yang mulia di dunia dan di akhirat. Di dunia, Allah akan memberinya kemuliaan dan kewibawaan.

“Dan ketahuilah, bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin itu ada pada salat malamnya” (HR. Hakim; hasan).

5. Dilindungi dari Segala Bencana

Rasulullah  shallallahu 'alaihi wasallam, yang bersabda: “Barangsiapa melaksanakan salat tahajud dengan sebaik-baiknya, dan dengan tata tertib yang rapi, maka Allah SWT akan memberikan 9 macam kemuliaan: 5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat.”

Adapun lima keutamaan di dunia itu adalah akan dipelihara oleh Allah SWT dari segala macam bencana, tanda ketaatannya akan tampak kelihatan di mukanya, akan dicintai para hamba Allah yan saleh dan dicintai oleh semua manusia, lidahnya akan mampu mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmah dan akan dijadikan orang bijaksana, yakni diberi pemahaman dalam agama.

6. Kebiasaan Orang Saleh

“Biasakanlah dirimu untuk salat malam karena hal itu tradisi orang-orang saleh sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa.” (HR. Ahmad). (C)

Reporter: Haerani Hambali
Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga