Calo Pelabuhan Marak, Manfaatkan Arus Balik Pasca Lebaran

Erni Yanti, telisik indonesia
Minggu, 02 Juli 2023
0 dilihat
Calo Pelabuhan Marak, Manfaatkan Arus Balik Pasca Lebaran
Di tengah padatnya arus balik pasca lebaran Idul Adha, para calo memanfaatkan keadaan ini dengan membujuk para penumpang agar tidak membeli tiket. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Membludaknya penumpang di tengah puncak arus balik lebaran Idul Adha, dimanfaatkan para calo untuk mengais rupiah "

MUNA, TELISIK.ID - Membludaknya penumpang di tengah puncak arus balik lebaran Idul Adha, dimanfaatkan para calo untuk mengais rupiah. Mereka membujuk para penumpang agar tidak membeli tiket resmi, dengan membayar di kapal.

Pantaun Telisik.id di Pelabuhan Raha, terlihat para calo berkeliaran mulai dari pintu masuk pelabuhan hingga tempat mengantre pembelian tiket penyeberangan rute Raha-Kendari.

Para calo saling berkejaran dengan calon penumpang agar tidak membeli tiket dengan berbagai rayuan. Untuk mendapatkan perhatian calon penumpang, calo memberi harga di bawah harga tiket, dan tak sedikit penumpang yang tertarik dengan harga murah.

"Sini mi cewe bayar di kapal, Ini cewe tidak percaya saya. Cepatmi, itu kapal sudah full mau berangkat mi," tutur seorang calo, membujuk calon korbannya.

Beberapa dari mereka yang sedang mengantre membeli tiket, tak tahan menunggu lama dan akhirnya tergoda rayuan calo. Salah seorang penumpang, Ahmad (nama disamarkan) mengungkapkan, agar tidak mengantre lama, dia rela membayar calo.

Baca Juga: Penumpang Resah Praktik Calo Tiket Tak Kunjung Usai di Pelabuhan Nusantara Kendari

"Iya saya bayar di dalam kapal. Sa tidak tahu orangnya itu calo, tapi katanya mau dikasi masuk di dalam kapal jadi sa mau mi," ucapnya.

Sementara penumpang yang lain, Ana yang merupakan korban calo, saat pemeriksaan tiket oleh petugas kapal, ia memberikan selembar kertas, namun petugas menolak menerima kertas itu karena bukan tiket.

"Ini dari siapa, coba telepon dulu tanya siapa namanya," ucapnya.

Kemudian Ana langsung menelepon orang yang memberinya selembar kertas, namun tak kunjung diangkat. Ia terlihat ketakutan karena petugas terus meminta nama calonya.

"Dia tidak angkat-angkat," ucap Ana kebingungan.

Baca Juga: Tak Terima Dibentak, Pemuda Ini Tikam Calo Tiket Kapal Feri hingga Tewas

Untung saja petugas memberinya toleransi dengan tidak menanyakan lagi nama calo yang memberinya kertas itu.

Salah seorang karyawan kapal, Udin ketika dimintai konfirmasi terkait keberadaan calo, mengaku tidak tau dan bukan urusan kapal.

"Itu bukan urusan kapal tergantung dari penumpang. Nda dilarang sebenarnya karena setiap pelabuhan itu ada calonya, tapi saya tidak tahu kalau pimpinan kapal bagaimana," bebernya. (A)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga