Cara Hilangkan Bau Tak Sedap dari Tempat Sampah

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 23 Agustus 2023
0 dilihat
Cara Hilangkan Bau Tak Sedap dari Tempat Sampah
Jika tempat sampah tetap bau walaupun telah dicuci, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau tak sedap. Foto: Cleanipedia.com

" Tempat sampah menjadi salah satu sumber bau tak sedap di dalam rumah. Meski sudah dikosongkan, tempat sampah biasanya tetap meninggalkan bau cukup menyengat "

KENDARI, TELISIK.ID - Tempat sampah menjadi salah satu sumber bau tak sedap di dalam rumah. Meski sudah dikosongkan, tempat sampah biasanya tetap meninggalkan bau cukup menyengat.

Jika tempat sampah tetap bau walaupun telah dicuci, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Dilansir dari Kompas.com dan Inews.id, berikut cara menghilangkan bau tidak sedap di tempat sampah:

1. Baking soda

Salah satu cara mudah menghilangkan bau tempat sampah adalah membersihkan dengan baking soda dan cuka. Campuran kedua bahan tersebut bermanfaat membunuh bakteri penyebab bau dan membersihkan kotoran mengerak pada tempat sampah.

Baca Juga: 5 Cara Peroleh Modal untuk Bangun Bisnis

2. Cairan pemutih

Cairan pemutih juga dapat menghilangkan bau dari tempat sampah. Di dalam cairan pemutih terkandung disinfektan yang dapat membunuh kuman dan bau tak sedap.

Namun, hindari menggunakan pemutih berlebihan karena dapat merusak permukaan tempat sampah kamu, lho. Cukup larutkan seperempat cup pemutih dengan dua gelas air hangat. Lalu, tuangkan ke dalam tempat sampah. Diamkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air bersih.

3. Garam dan es batu

Garam bisa menetralkan bau apa pun, sedangkan es bmenghilangkan kotoran yang menempel pada tempat sampah.

Cara membersihkan tempat sampah menggunakan kedua bahan tersebut adalah menuangkan beberapa es batu ke dalam tempat sampah, lalu tambahkan satu genggam garam.

Goyangkan tempat sampah agar es batu bisa mengangkat kotoran yang menempel dan garam menyebar ke seluruh bagian tempat sampah.

Baca Juga: Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Beli Karpet

4. Pasir kucing

Bila kamu memiliki kucing di rumah, pasti kamu punya pasir yang digunakan untuk tempat buang air. Nah, pasir kucing juga dapat kamu gunakan sebagai penghilang bau pada tempat sampah.

Tenang, pasir kucing dijual dengan harga terjangkau. Baik yang mahal maupun yang murah, sama-sama dapat mencegah bau tempat sampah dengan baik.

5. Cairan pembersih lantai

Anda bisa mencuci tempat sampah menggunakan cairan pembersih lantai beraroma lemongrass atau sereh. Pertama, kosongkan isi tempat sampah dan tuangkan cairan pembersih lemongrass. Lalu, tambahkan air hangat dan rendam beberapa saat.

Dengan begitu, aroma lemongrass dapat bertahan selama kurang lebih satu minggu. Jadi, pastikan kamu rutin mencuci bersih tempat sampah kamu. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga