Cegah Abrasi dengan Tanam Mangrove di Teluk Kendari

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 11 Mei 2023
0 dilihat
Cegah Abrasi dengan Tanam Mangrove di Teluk Kendari
Pemkot bersama Forum Sulawesi Tenggara Damai melakukan penanaman mangrove di kawasan Teluk Kendari, kegiatan itu bertujuan melestarikan kawasan teluk serta mengantisipasi perubahan iklim, mengurangi energi gelombang, dan sebagainya. Foto: Ist.

" Lestarikan kawasan Teluk Kendari, Forum Sulawesi Tenggara Damai melakukan aksi penanaman pohon mangrove atau bakau di kawasan teluk "

KENDARI, TELISIK.ID - Lestarikan kawasan Teluk Kendari, Forum Sulawesi Tenggara Damai melakukan aksi penanaman pohon mangrove atau bakau di kawasan teluk.

Kegiatan itu melibatkan pemkot yang dihadiri langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu. Pemkot mendukung langkah tersebut melakukan aksi penanaman pohon mangrove di kawasan Teluk Kendari.

Forum Sulawesi Tenggara Damai berinisiatif melakukan penanaman mangrove yang dimulai di Kota Kendari. Penanaman itu sendiri adalah untuk melestarikan kawasan Teluk Kendari.

Baca Juga: Stikes Pelita Ibu Kendari Gandeng UKPM Majukan Pendidikan Tinggi

"Alhamdulillah hari ini kita melakukan penanaman mangrove dan ini adalah awal di Kota Kendari,” ujar Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu di sela-sela kegiatan, Kamis (11/5/2023).

Ia juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama melestarikan lingkungan tempat untuk anak dan cucu ke depan.

Selain menjaga mangrove tetap lestari, penanaman itu juga diharapkan dapat mengantisipasi perubahan iklim yang sedang terjadi saat ini.

Selain itu, penanaman mangrove diharapkan dapat mengurangi energi gelombang, melindungi pantai dari abrasi, menghambat intrusi air, memperbaiki lingkungan pesisir, hingga memperbaiki habitat di daerah pantai.

Serta akan berdampak pada peningkatan produksi ikan dan produksi hasil laut lainnya, seperti kepiting. Tanaman mangrove menjadi salah satu penopang pemanasan dari perairan laut.

Di sisi lain, mangrove juga berperan untuk mengatasi masalah banjir pada kawasan pesisir. Masyarakat yang tinggal di kawasan pantai biasanya banyak bekerja sebagai nelayan.

Baca Juga: Lolos Verifikasi Kota Sehat, Kendari Masih Harus Perbaiki Datanya

Perwakilan Forum Sultra Damai, Alex Pangaibali mengatakan, mereka menargetkan akan menanam mangrove di sejumlah titik di Teluk Kendari, salah satunya di kawasan Masjid Al Alam.

“Mendukung Kendari bergerak, rencananya Minggu depan kami akan tanam lebih besar lagi di samping Masjid Al Alam, sekalian nanti kita akan buat satu posko untuk satgas mangrove,” ujar Alex Pangaibali.

Selain di Kota Kendari, Forum Sulawesi Tenggara Damai juga akan melakukan aksi serupa di beberapa kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara. (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga