Deretan Artis Wanita ini Ternyata Keturunan Pahlawan Nasional

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Minggu, 12 November 2023
0 dilihat
Deretan Artis Wanita ini Ternyata Keturunan Pahlawan Nasional
Aktris kenamaan Dian Sastrowardoyo memiliki darah langsung pahlawan Indonesia. Foto: Repro Beritasatu.com

" Tak banyak yang tahu, ternyata beberapa artis Indonesia adalah keturunan langsung dari pahlawan nasional yang berjasa memperjuangkan kemerdekaan "

JAKARTA, TELISIK.ID - Hari pahlawan diperingati tanggal 10 November setiap tahunnya. Hari pahlawan jadi momen untuk mengenang jasa para pejuang di masa kemerdekaan.

Meski para pahlawan kini sudah tiada dan yang dikenal hanya namanya saja, akan tetapi jasa-jasanya masih dikenang. Perjuangan para pahlawan kini dilanjutkan oleh generasi penerus, seperti para artis wanita Indonesia.

Berikut artis wanita yang merupakan keturunan para pahlawan yang dihimpun dari Beritasatu.com dan Wartabanjar.com.

1. Maia Estianty

Maia Estianty adalah cicit Raden Hadjie Oemar Said Tjokroaminoto atau dikenal HOS Cokroaminoto. Ayah dari musisi satu ini, Harjono Sigit, adalah guru sekaligus mantan mertua dari Ir Soekarno.

Seperti diketahui, HOS Cokroaminoto memiliki jasa yang sangat besar untuk bangsa Indonesia. Namanya pun dipakai untuk sejumlah jalan di wilayah Indonesia.

2. Dian Sastrowardoyo

Sudah bukan rahasia lagi, aktris kenamaan Dian Sastrowardoyo memiliki darah langsung pahlawan Indonesia. Wanita yang berprofesi sebagai dosen ini merupakan cucu dari Prof Mr Sunario Sastrowardoyo.

Baca Juga: Deretan Mitos Kucing Hitam Sering Dikaitkan dengan Kesialan

Tahukah Anda, kakek Dian Sastro merupakan sosok penting di balik Manifesto 1925 dan Kongres Pemuda II yang merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah.

3. Celine Evangelista

Tak kbanyak yang tahu, Celine Evangelista adalah cicit dari Haji Fadeli Luran. Kakek buyutnya tersebut merupakan salah satu tokoh penting yang menyatukan umat Islam di Sulawesi Selatan. Meski saat ini Celine berbeda keyakinan dengan kakek buyutnya, tetapi tak menghilangkan garis keturunan dan darah pahlawan yang mengalir di dalam tubuhnya.

4. Ashanty

Ashanty adalah salah satu artis wanita yang memiliki kakek seorang pahlawan. Prof DR KH Abdullah Siddik SH, merupakan salah satu pahlawan nasional dan dihormati oleh masyarakat Bengkulu Utara.

Kakek dari istri Anang Hermansyah itu adalah rekan sejawat dari Agus Salim yang sama-sama aktif dalam organisasi Jong Islamieten Bond.

5. Karina Salim

Karina Salim adalah cicit dari H Agus Salim, yang merupakan salah satu anggota dari panitia 9. Pada 27 Desember 1961 silam, namanya ditetapkan sebagai pahlawan nasional.

6. Asri Welas

Asri Welas, artis satu ini dikenal multitalenta karena bisa berperan sebagai presenter, pemain film hingga model. Namun tahukah Anda, Asri Welas adalah keturunan ketujuh dari Pangeran Diponegoro.

Rahasia Asri Welas keturunan pahlawan terungkap ketika adanya pohon jalar di dalam rumah sang nenek. Pohon tersebut dikenal sebagai tanda dari keturunan Pangeran Diponegoro tokoh asal Yogyakarta.

Baca Juga: Deretan Artis Wanita Ini Menjanda di Usia Muda, Ada yang 18 Tahun

7. Dewi Yull

Sudah bukan rahasia lagi, artis senior Dewi Yull adalah cicit dari RM Tirto Adhi Soerjo, yang merupakan tokoh kebangkitan nasional. Pahlawan satu ini merupakan pendiri dari surat kabar nasional pertama di Indonesia, yaitu Media Prijaji.

Sosok RM Tirto Adhi Soerjo dinobatkan sebagai Bapak Pers Nasional pada 1973. Ia juga mendapatkan gelar sebagai pahlawan nasional pada 3 November 2006.

8. Nia Dinata

Otto Iskandardinata merupakan kakek dari Nia Dinata, yang berkiprah sebagai sutradara kenamaan di Indonesia. Dijuluki Si Jalak Harupat, pahlawan ini aktif di beberapa organisasi termasuk Budi Utomo, Dewan Rakyat atau Volksraad, juga Paguyuban Pasundan.

Kakek Nia Dinata juga pernah memimpin surat kabar Tjahaja. Tepatnya pada 6 November 1973, Otto Iskandardinata resmi bergelar pahlawan nasional. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga