Desa Wisata Liya Togo Wakatobi Juara 2 Terbaik Kategori Toilet Umum di Ajang ADWI 2021

Boy Candra Ferniawan, telisik indonesia
Rabu, 08 Desember 2021
0 dilihat
Desa Wisata Liya Togo Wakatobi Juara 2 Terbaik Kategori Toilet Umum di Ajang ADWI 2021
Muh. Riadi Sekretaris Keppo'oli saat menerima penghargaan ADWI 2021 dari Kemenparekraf sebagai juara 2 terbaik kategori toilet umum. Foto: Tangkapan layar YouTube Kemenparekraf

" Desa Wisata Liya Togo, Kecamatan Wangi-Wangi Selatan, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, meraih juara 2 kategoti toilet umum dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Desa Wisata Liya Togo, Kecamatan Wangi-Wangi Selatan, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, menjadi salah satu pemenang dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, kategori toilet umum.

Desa Wisata Liya Togo terpilih sebagai juara 2 terbaik kategori toilet umum, sedangkan posisi ke-5 diraih Desa Cisande, posisi ke-4 Desa Bonjeruk, ke-3 Desa Saung Ciburial, dan juara pertama Desa Serang.

Menparekraf, Sandiaga Uno dalam sambutannya yang disiarkan langsung  melalui Chanel YouYube Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengatakan, terdapat 1.831 Desa Wisata yang ikut dalam ADWI 2021.

“Melebihi ekspektasi kita. Jadi waktu kita memulai, targetnya tadinya 700 kita turunkan ke 300 supaya tidak mengecewakan. Dan Alhamdulillah setelah kita berjuang, menembus ekspektasi, bukan 300 tapi 1.831 desa wisata yang mendaftar," ujarnya pada malam Anugerah Desa Wisata Indonesia, Selasa (7/12/2021) malam.

Baca Juga: Tinggal Menghitung Hari, Saksikan Kemeriahan Festival Wakatobi Wive 2021

Senada dengan hal tersebut, Menko Perekonomian Airlangga Sucipto, mewakili Presiden Jokowi memberikan apresiasi tinggi pada ADWI 2021 dan perjuangan ribuan desa untuk pertumbuhan ekonomi yang lebih baik.

“Pengembangan Desa Wisata  diharapkan  menjadi penggerak ekonomi  dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat menuju Indonesia bangkit,” jelasnya.

Toilet umum Desa Wisata Liya Togo yang meraih juara dua di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021. Foto: Tangkapan layar

 

Mursida, Ketua Kelompok Pengelola Liya Togo (Kepo'oli), mengaku, penghargaan ini sangat luar biasa.

“Terima kasih untuk seluruh masyarakat Wakatobi. Terutama untuk masyarakat Liya Togo, Pemerintah Desa, Kapo'oli. Pencapaian ini semoga terus memacu agar lebih baik ke depannya,” ungkap Mursida, Rabu (8/12/2021).

Baca Juga: Sepi Pengunjung, Permandian Gua Lanto Miliki Pesona Unik

Mursida berharap, dengan pencapaian ini, pengelolaan pariwisata berbasis masyarakat lebih diperhatikan oleh pemerintah.

Atas prestasi ini, Desa Wisata Liya Togo  yang sebelumnya masuk 50 besar ADWI 2021, mendapatkan hadiah uang sebesar Rp 25 juta dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.  

Sebelumnya, Desa Liya Togo Dikunjungi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno pada hari Kamis 25 November 2021. (A)

Reporter: Boy Candra Ferniawan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga