DLH Kota Kendari Bakal Bangun dan Renovasi Tempat Pembuangan Sampah Sementara

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Jumat, 28 Juni 2024
0 dilihat
DLH Kota Kendari Bakal Bangun dan Renovasi Tempat Pembuangan Sampah Sementara
Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup, menekankan bahwa peningkatan fasilitas TPS adalah langkah penting dalam menciptakan Kendari yang lebih bersih dan sehat. Foto: Ist.

" Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Kendari bakal membangun dan merenovasi Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS) di berbagai titik di Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Kendari bakal membangun dan merenovasi Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS) di berbagai titik di Kota Kendari.

Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan pengelolaan sampah dan mendukung program penataan kota dan upaya pemerintah kota dalam menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan nyaman bagi semua.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Kendari, Paminuddin menjelaskan bahwa pembangunan dan renovasi TPS ini bertujuan untuk memberikan fasilitas yang lebih baik bagi masyarakat dalam membuang sampah rumah tangga mereka.

Lanjut Paminuddin, dengan TPS yang lebih baik juga dapat mengurangi penumpukan sampah di jalan-jalan dan lingkungan sekitar, serta meningkatkan efisiensi pengangkutan sampah ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Tempat pembuangan sampah sementara yang kurang dimanfaatkan oleh masyarakat sehingga tampak sampah berserakan. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

 

Paminuddin menjelaskan, TPS yang baru dibangun dan direnovasi akan dilengkapi dengan fasilitas modern yang ramah lingkungan. Ini termasuk tempat pemilahan sampah, kontainer yang lebih besar dan tertutup, serta sistem pengelolaan limbah yang lebih baik.

Baca Juga: DLH Kota Kendari Bakal Tingkatkan Armada dan Infrastruktur Pengangkut Sampah

"Kami ingin memastikan bahwa TPS tidak hanya berfungsi sebagai tempat pembuangan sampah sementara, tetapi juga membantu dalam proses pemilahan dan daur ulang sampah," tambahnya.

Dengan adanya pembangunan dan renovasi TPS, Paminuddin  mengharapkan Kota Kendari dapat mengurangi masalah penumpukan sampah, meningkatkan efisiensi pengelolaan sampah, serta menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan nyaman bagi warganya.

"Kami optimis bahwa dengan langkah ini, Kendari akan menjadi kota yang lebih hijau dan layak huni," ujar Paminuddin.

Tumpukan sampah yang berada di pinggir jalan dan belum diangkut oleh petugas kebersihan. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

 

Paminuddin menambahkan, kampanye edukasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya dan memisahkan sampah sesuai jenisnya juga akan terus dilaksanakan.

"Partisipasi masyarakat sangat penting dalam menjaga kebersihan dan kerapihan lingkungan. Kami akan bekerja sama dengan berbagai komunitas dan organisasi untuk menyebarkan informasi ini," jelas Paminuddin.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Kendari, Paminuddin, ungkap pembangunan dan renovasi TPS untuk memberikan fasilitas yang lebih baik bagi masyarakat. Foto: Ist.

 

Sementara itu, Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup, menekankan bahwa peningkatan fasilitas TPS adalah langkah penting dalam menciptakan Kendari yang lebih bersih dan sehat.

"Kami mendukung penuh upaya DLH dalam meningkatkan pengelolaan sampah di kota ini. Fasilitas TPS yang lebih baik akan berdampak positif bagi kebersihan dan kesehatan masyarakat," ujar Yusup.

Baca Juga: Pemkot Kendari Jajaki Kerja Sama dengan Naturevolution dalam Pengelolaan Sampah

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Sulawesi Tenggara juga menyampaikan, butuh tambahan sarana dan prasarana untuk mendukung kinerja para petugas kebersihan di lapangan, agar kinerja mereka bisa lebih maksimal.

"Sarana dan prasarana pengolahan sampah ini akan terus kita tingkatkan, baru-baru ini kami mengusulkan bukan hanya menjadi TPA saja tetapi akan menjadi tempat pengolahan sampah terpadu," ucapnya.

Muhammad Yusup berharap kepada para petugas kebersihan untuk selalu bersemangat bekerja dalam menjalankan tugas yang mulia ini, karena tanpa mereka Kota Kendari akan menjadi kotor dan akan menjadi TPA yang tidak beraturan. (C-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga