Dua Pelajar Sulawesi Tenggara Bakal Ikuti Seleksi Paskibraka Nasional HUT RI Tahun Ini

Nur Fauzia, telisik indonesia
Senin, 01 Juli 2024
0 dilihat
Dua Pelajar Sulawesi Tenggara Bakal Ikuti Seleksi Paskibraka Nasional HUT RI Tahun Ini
Dua pelajar asal Sulawesi Tenggara yang mewakili provinsi di Paskibraka Nasional. Foto: Ist.

" Dua pelajar asal Kota Kendari dan Kabupaten Wakatobi, akan mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara untuk mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional di Istana Negara pada HUT RI mendatang "

KENDARI, TELISIK.ID - Dua pelajar asal Kota Kendari dan Kabupaten Wakatobi, akan mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara untuk mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional di Istana Negara pada HUT RI mendatang.

Kabid Ideologi, Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sulawesi Tenggara, La Ode Muh Al Basyir kepada Telisik.id menyampaikan, untuk proses seleksi nasional Provinsi Sulawesi Tenggara mendapatkan kuota sebanyak 5 orang terbaik yaitu dua putra dan tiga putri untuk diseleksi.

Kelima perwakilan itu atas nama Ahmad Amar Ferdiansyah dari Kota Baubau, Lutfiyah Naurasyifa Utoyo dari Kota Kendari, Aldiansyah Rahmat dari Kabupaten Wakatobi, Dian Setia Ningsih dari Kabupaten Muna, dan Keysha Alifa Sadaoda dari Kota Kendari.

Baca Juga: Sadarkan Pengelolaan Sampah, Komunitas Kendari Bekali Masyarakat Pembuatan Pupuk

Dua nama yang lolos di Paskibraka nasional untuk putra yaitu Aldiansyah Rahmat dari SMA 1 Wangi-Wangi dan untuk putri Lutfiyah Naurasyifa Utoyo dari SMAN 1 Kendari.

Basyir mengungkapkan, proses seleksi digelar pada 9 - 13 Juni lalu sesuai dengan petunjuk teknis (Juknis). Mulai dari proses seleksi di kabupaten/kota sampai tingkat provinsi dilakukan secara tertutup, sehingga tidak ada intervensi dari pihak manapun.

Terlebih lagi di tingkat nasional, tambah Basyir, proses seleksi akan jauh lebih ketat. Dimana, para perwakilan setibanya di bandara langsung dijemput oleh pihak Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) sehingga pendamping hanya boleh mengantar pada tahap registrasi saja.

Kata dia, saat ini yang terpilih di tingkat nasional sedang berada di rumahnya masing-masing menunggu panggilan untuk masuk di asrama dan mengikuti pelatihan. Namun pihak Kesbangpol Sulawesi Tenggara tetap mengontrol dan mengecek setiap hari untuk mengingatkan agar tetap menjaga kesehatan.

Baca Juga: Pemkot Kendari Terus Masifkan Program Penataan Kota Kendari Menuju Kota Sehat

Sementara itu dihubungi secara terpisah, Minggu (30/6/2024), Kepala Sekolah SMAN 1 Kendari, Ruslan,  S. Pd., M. Si mengungkapkan bahwa siswa-siswi SMAN 1 Kendari memang hampir setiap tahun berhasil mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara di Paskibraka Nasional.

Ruslan mengungkapkan, sebagai kepala sekolah menyadari bahwa prestasi itu harus melalui sebuah proses sehingga membutuhkan pendampingan, serta di SMAN 1 Kendari memiliki sebuah organisasi untuk Paskibraka yang menjadi wadah bagi siswa-siswi dalam menghadapi proses seleksi.

Ruslan berharap agar para perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara bisa mendapatkan posisi strategis baik sebagai pembawa baki maupun sebagai pengibar bendera pada upacara 17 Agustus di Istana Negara nanti. (B)

Penulis: Nur Fauzia

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga