Google Buka Pendaftaran hingga 10.000 Beasiswa di 2022, Ini Rinciannya

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 27 Juli 2022
0 dilihat
Google Buka Pendaftaran hingga 10.000 Beasiswa di 2022, Ini Rinciannya
Google sedang membuka 10.000 beasiswa bidang IT dengan beragam program. Foto: Repro tempo.co

" Beasiswa ini terbuka untuk kalian yang ingin mengelola sistem IT dan mencari pekerjaan bidang IT "

KENDARI, TELISIK.ID - Bagi kamu yang tertarik di bidang IT mungkin beasiswa dari Google bisa kamu ikuti. Google kini sedang membuka peluang 10 ribu beasiswa bertajuk Google Career Certificates-IT Support Specialist untuk para pemuda, pencari kerja, maupun berbagai komunitas lain di Indonesia yang kurang terlayani.

Mengutip dari laman Detik.com, bantuan secara komprehensif mencakup dukungan instruksional untuk menyelesaikan sertifikat, tutor, mentor, dan instruktur untuk penerima manfaat, pelatihan kesiapan kerja, pengembangan keterampilan IT tambahan, pembentukan kelompok dukungan, sampai pencocokan pekerjaan.

Beberapa materi yang akan dipelajari dalam kursus ini adalah linux, IPv4, debugging, cloud computing, dukungan pelanggan, dan lainnya. Oleh sebab itu, beasiswa ini terbuka untuk kalian yang ingin mengelola sistem IT dan mencari pekerjaan bidang IT.

Agar tidak bingung, simak beberapa informasi tentang materi program ini.

Kursus 1: fundamental dukungan teknis, mempelajari dasar-dasar teknologi informasi dan karier bidang teknologi.

• Kursus 2: bit and byte jaringan komputer, mencakup dasar-dasar teknologi jaringan modern.

• Kursus 3: sistem operasi

• Kursus 4: administrasi sistem dan layanan infrastruktur IT

• Keamanan IT

Selain mendapatkan pengetahuan tentang teknologi, para peserta beasiswa Google nantinya juga akan belajar menangani berbagai tugas penting seperti mengelola perangkat lunak-keras serta pengguna dan mengetahui cara memecahkan masalah umum sebagai Spesialis Dukungan IT.

Apabila tertarik mendaftarkan diri ke beasiswa Google ini, kunjungi laman:

https://www.workintech-indo.co/apply

Baca Juga: Sitya Giona Nur Alam Harap PIP Jadi Motivasi Siswa Meraih Cita-Cita

Mengutip dari Kompas.com, para mahasiswa dan fresh graduate bisa memanfaatkan program-program ini untuk membangun koneksi dan memperluas pengetahuan mereka.

Berikut rekomendasi beberapa program pilihan beasiswa google lainnya yang bisa ditelusuri:

1. Google Career Certificates

Google Career Certificates merupakan program sertifikat kesiapan karir yang saat ini dua modul pelatihannya yaitu IT support dan Data Analytics sudah tersedia dalam Bahasa Indonesia.

Tahun ini, Google menyediakan 10.000 beasiswa di mana 5.000 di antaranya diberikan kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui program Digital Talent Scholarship (DTS).

Program ini terbuka untuk siapa saja yang ingin belajar maupun memperdalam pengetahuannya di bidang teknologi informatika. Bagi kalian yang tertarik untuk mendalami program Desain UX, sebentar lagi kelas ini akan dibuka dan tersedia dalam bahasa Indonesia.

2. Google Developer Expert

Program mentoring 3 bulan ini berfokus untuk mendukung orang-orang dari kelompok yang kurang terwakili dalam industri teknologi di dunia, agar bisa berkarya menjadi seorang Google Developer Experts dan bergabung dengan komunitas yang ada di dalamnya.

Dengan mengikuti program ini, peserta akan dicocokkan dengan seorang mentor berdasarkan fokus, peminatan, dan potensi yang dimiliki.

Walaupun ini program global, peserta tidak perlu takut karena pelatihan akan dilakukan sesuai dengan zona waktu dan bahasa asal setiap peserta, agar peserta tetap merasa nyaman untuk berkomunikasi.

Jika kalian memiliki minat untuk mengenal dan lebih mendalami tentang platform Android, bisa mengikuti program #JuaraAndroid dari Google Developers Indonesia yang akan hadir kembali di akhir tahun ini.

3. Digital Entrepreneurship Academy

Diluncurkan pada tahun 2020, program ini juga merupakan bagian program dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang bertujuan untuk mempercepat transformasi digital bidang kewirausahaan dalam rangka meningkatkan ekonomi digital.

Saat ini, masih ada peluang bagi peserta yang ingin mengikuti kelas umum program Google Digital Entrepreneurship.

Pada program Google yang ada di dalam Digital Entrepreneurship Academy ini, peserta akan memiliki kesempatan bertanya dan berinteraksi dengan para fasilitator Google dari program Gapura Digital dan Women Will.

4. Program Akselerasi UKM dengan Pelatihan Skill Baru

Kuncie bekerja sama dengan Gapura Digital dan Google Primer untuk menghadirkan 70 video pelatihan digital. Modul video ini dikembangkan untuk memberikan pengetahuan digital baru yang bisa membantu para pelaku UKM kembali bangkit dan mengembangkan usaha mereka.

Baca Juga: 261 Sekolah se-Sulawesi Tenggara Jalani Akreditasi Tahap Kedua

Contohnya modul pembelajaran mengenai Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM). Untuk mengakses modul ini, pengguna dapat mengunduh aplikasi Kuncie melalui website di kuncie.com/belajar atau dengan membuka link goo.gle/kuncie.

5. Generation Google Scholarship

Khusus bagi perempuan yang memiliki peminatan di bidang ilmu komputer, Google juga menyediakan beasiswa sebesar $1,000 USD melalui program Generation Google Scholarship. Dana tersebut dapat digunakan untuk biaya kuliah, buku, perlengkapan, dan kebutuhan perkuliahan lainnya.

Untuk tahun ini, beasiswa sudah diberikan dan programnya akan kembali hadir tahun depan. Informasi lengkap dan pendaftaran dapat dilihat melalui laman:

https://buildyourfuture.withgoogle.com/scholarships/google-scholarship-recipients

Itulah beberapa jenis beasiswa google yang bisa kamu manfaatkan jika ingin mendalami bidang IT. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga