Gubernur Ali Mazi Pimpin Upacara Pemberangkatan Jenazah Wali Kota Baubau

Deni Djohan, telisik indonesia
Jumat, 14 Januari 2022
0 dilihat
Gubernur Ali Mazi Pimpin Upacara Pemberangkatan Jenazah Wali Kota Baubau
Suasana upacara pemeberangkatan jenazah di Rujab Wali Kota Baubau Foto: Dheny/Telisik

" Ali Mazi, memimpin jalannya upacara pemberangkatan jenazah Wali Kota Baubau "

BAUBAU, TELISIK.ID - Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi, memimpin jalannya upacara pemberangkatan jenazah Wali Kota Baubau, AS Tamrin untuk disemayamkan di peristirahatan terakhirnya, di kelurahan Melai, Kecamatan Murhum, Jumat, (14/1/2022).

Sebelum diserahkan ke pemerintah untuk disemayamkan secara protokoler, pihak keluarga yang diwakili kakak Almarhum, Kamil Adikarim mengucapkan, rasa terimakasih yang mendalam kepada semua pihak yang telah hadir untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Almarhum.  

"Semenjak sakit, keluarga sudah mengupayakan berbagai macam pengobatan. Bahkan sebagian keluarga meminta kepada seluruh majelis untuk memohonkan doa kesembuhan almarhum. Seluruh masjid kami arahkan. Namun, Allah lebih dulu memanggilnya," ungkap Kamil Adikarim yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Bau Bau.

Pada kesempatan itu, ia juga memohon kepada sang khalik agar segala kebaikan yang telah dilakukan almarhum semasa hidupnya dapat bernilai ibadah.

"Mewakili keluarga, dengan kerendahan hati saya bermohon kepada semua agar turut mendoakan almarhum. Semoga wafatnya beliau Husnul Khatimah. Semua amal dan ibadahnya di terima," tambahnya.

"Kemudian daripada itu, jika dalam hidup almarhum terdapat hutang piutang maka tolong sampaikan kepada kami untuk diselesaikan dengan baik," pungkasnya.

Usai memberikan sambutan, jenazah kemudian diserahkan dari keluarga kepada pemerintah provinsi yang doterima langsung Gubernur Sultra, Ali Mazi.

Usai menerima, Ketua DPW Nasdem Sultra kemudian mengucapkan rasa duka yang mendalam kepada keluarga dan kerabat yang ditinggalkan.

Kata dia, duka yang saat ini bukan hanya dirasakan oleh keluarga almarhum dan Pemkot Baubau. melainkan juga duka untuk pemerintah provinsi.

"Almarhum adalah orang bertanggung jawab terhadap tugas yang diemban. Dalam kapasitasnya dari PNS sampai menjadi wali kota telah banyak berjasa bagi daerah dan wilayah. Sehingga almarhum adalah sosok penting dalam pembangunan baubau," ucap Ali Mazi.

Kata dia, terdapat banyak karya pembangunan yang ditinggalkan almarhum semenjak menjabat sebagai wali kota. Dan seluruh pembangunan itu juga ikut mengharumkan nama kota pada kanca nasional.

"Almarhum adalah teman dekat, sahabat dan telah saya anggap sebagai saudara. Beliau telah banyak membantu saya untuk menjadi gubernur. Sehingga atas nama pemerintah dan keluarga mengucapkan terimakasih," pungkasnya.

Di penghujung sambutannya, Ali Mazi meminta kepada keluarga dan seluruh kerabat yang ditinggalkan untuk menerima peristiwa sebagai ujian atau cobaan. Sebab duka saat ini adalah duka Sulawesi Tenggara.

"Kami mengucapkan belasungkawa sedalam-dalamnya," ucapnya.

Upacara tersebut dihadiri sejumlah pejabat daerah di wilayah Sultra. Mereka di antaranya, Anggota DPD RI yang juga mantan Wali Kota Baubau dua periode, Amirul Tamim, Ketua DPRD Provinsi Sultra, Abdurrahman Shaleh, Bupati Buton, La Bakry, Bupati Buton Selatan, La Ode Arusani, Sekwan Provinsi Sultra, La Ode Mustari, Kadis Pertanian dan Perikanan, Judul serta Wakil Wali Kota Baubau, Ahmad Monianse.

Baca Juga: Dosen UNUSRA Digenjot Berpikir Kritis dengan Latihan Literasi

Terlihat pula sejumlah senator Kota Baubau di antaranya, Ketua DPRD Kota Baubau, Zahari, Wakil Ketua DPRD, Kamil Adikarim, La Ode Hadiah, Gilang Siradja, Yumardin dan beberapa orang lainnya.

Baca Juga: Akibat Gempa M 6,7 Banten, Sejumlah Rumah Warga di Pandeglang Rusak

Sementara, sejumlah pejabat Forkopimda Kota Baubau yakni, Kapolres Baubau, AKBP Erwin Pratomo SIK. Kajari Baubau, Jaya Putra, serta Komdan Kodim 1413 Buton, Letkol ARM Muh Faiuzan juga terlihat hadir dalam upacara pelepasan jenazah tersebut. (B)

Reporter: Deni Djohan

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga