Haji 2022 Kota Kendari Tunggu Surat Resmi Dirjen PHU Kemenag RI, Umrah Sudah Bisa

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Sabtu, 26 Februari 2022
0 dilihat
Haji 2022 Kota Kendari Tunggu Surat Resmi Dirjen PHU Kemenag RI, Umrah Sudah Bisa
Plt Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Kendari, Marni, saat ditemui di ruang kerjanya. Foto. Ist

" Penyelenggaraan haji tahun 2022 di Kota Kendari, masih menunggu surat resmi dari Direktur Jenderal (Dirjen) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Republik Indonesia "

KENDARI, TELISIK.ID – Penyelenggaraan haji tahun 2022 di Kota Kendari, masih menunggu surat resmi dari Direktur Jenderal (Dirjen) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI).

Hal itu diungkapkan, Plt Kepala Kantor Kemenag Kota Kendari, Marni saat ditemui di ruang kerjanya. Ia menyampaikan dasar untuk memberikan informasi harus dari surat resmi.

Lanjut Marni mengatakan, berbeda dengan penyelenggaraan umroh, yang kini telah diperbolehkan melalui surat yang telah di keluarkan.

"Pada 4 Januari 2022 lalu, surat sudah keluar dan diperbolehkan" katanya, Sabtu (26/2/2022).

Sementara itu, Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Kota Kendari, Sunardin menjelaskan, sampai saat ini belum ada informasi dari pemerintah Arab Saudi, sehingga pihaknya belum bisa memberikan informasi terkait penyelenggaraan haji tersebut.

"Nah yang kedua dari pihak Kemenag pusat juga belum bisa komentar apa-apa menyangkut masalah haji," ucapnya.

Dia mengaku, berdasarkan informasi yang ia dapatkan tim Kemenag dalam beberapa hari kedepan akan berangkat ke Arab Saudi untuk melakukan lobi sehubungan dengan persiapan penyelenggaraan haji tersebut.

Baca Juga: Kendari Wedding Fair 2022, Event Perdana Wisata Tambat Labuh Setelah Diresmikan

"Kecuali kalau umrah sudah berjalan dengan lancar. Tapi terkait haji ini kita diminta untuk tidak berkomentar apa-apa sebelum ada MoU antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Arab Saudi. Tapi kuncinya terletak pada pemerintah Arab Saudi, dia mau membuka haji tahun ini dari luar negeri atau tidak," jelasnya.

Selain itu, dia menyebut saat ini daftar kursi tunggu untuk Kota Kendari sekitar 10.000 kursi.

Baca Juga: Jumlah Pemilih Kota Kendari Meningkat Pesat, Capai 213.202 Februari 2022

"Yang sudah masuk kursi sekarang yang sudah tertunda selama dua tahun dari 2020 dan 2021. Itulah nanti yang akan di prioritaskan pada 2022 ini kalau ada pemberangkatan. Nah persoalan kuota kita tidak bisa berbicara apa-apa karena memang belum ada informasi terkait penyelenggaraan haji tahun ini," tutupnya. (B)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Kardin

Baca Juga