Jatim Tercepat Penyaluran Dana Desa di Indonesia

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Jumat, 25 Februari 2022
0 dilihat
Jatim Tercepat Penyaluran Dana Desa di Indonesia
Menteri PDTT, Abdul Halim Iskandar saat berada di Surabaya. Foto: Ist

" Menteri Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Abdul Halim Iskandar mengatakan, Jawa Timur (Jatim) merupakan provinsi tercepat dalam penyaluran dana desa (DD), dibandingkan provinsi lainnya "

SURABAYA, TELISIK.ID - Menteri Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Abdul Halim Iskandar mengatakan, Jawa Timur (Jatim) merupakan provinsi tercepat dalam penyaluran dana desa (DD), dibandingkan provinsi lainnya.

Bahkan, mantan Ketua DPRD Jatim tersebut mengatakan, tak hanya sekali saja Jatim melakukan hal tersebut, melainkan sudah tiga kali berturut-turut tercepat untuk penyaluran DD.

“Tahun ini, Jatim mencatatkan penerbitan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) tercepat secara nasional pada Kabupaten Madiun. Penerbitan SP2D berikutnya diikuti oleh Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Magetan,” jelas pria asal Jombang ini, Jumat (25/2/2022).

Pada tahun 2020, kata Ketua PKB Jatim ini, penerbitan SP2D tercepat secara nasional untuk Kabupaten Madiun. Sementara pada tahun 2021, SP2D tercepat terbit untuk Kabupaten Madiun dan Tulungagung.

“Penyaluran DD secara cepat akan menjadi pendorong pergerakan ekonomi di desa, sehingga bisa mempercepat penurunan kemiskinan," jelasnya.

Baca Juga: Bupati Buteng Ingatkan Kades Hati-Hati Gunakan Anggaran Desa

Dibeberkan oleh kakak kandung Ketum PKB Muhaimin Iskandar ini, tahun 2021 Pemprov Jatim telah menyalurkan 99,92 persen DD ke 7.721 desa. Total anggaran yang disalurkan sebesar Rp 7,653 triliun dari total alokasi sebesar Rp 7,659 triliun.

Baca Juga: Pengurus MUI Butur Dikukuhkan, Wabup Ahali Harap Jadi Pionir

“Terdapat tiga desa yang belum tersalurkan DD karena dua di antaranya ialah desa di Sidoarjo yang terdampak lumpur Lapindo,” tutupnya. (C)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga