Kejuaraan Panahan Piala Gubernur dan BAI Sulawesi Tenggara Digelar untuk Dorong Pembangunan SDM

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 03 Maret 2023
0 dilihat
Kejuaraan Panahan Piala Gubernur dan BAI Sulawesi Tenggara Digelar untuk Dorong Pembangunan SDM
Atlet panahan Kota Kendari saat melakukan latihan guna meningkatkan kemampuan dalam menghadapi kejuaraan panahan. Foto: Ist.

" Penyelenggaraan kejuaraan panahan memperebutkan piala Gubernur Sulawesi Tenggara dan BAI 2023 "

KENDARI, TELISIK.ID - Dorong pembangunan sumber daya manusia (SDM) melalui pembinaan atlet di setiap cabang olahraga, Bapeka Archery Indonesia (BAI) gelar kejuaraan panahan.

Kejuaraan itu juga sebagai salah satu ajang mengasah kemampuan para pemanah menghadapi pra kualifikasi PON 2024. Saat menerima audiens Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) dan pengurus BAI, Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi mengapresiasi kegiatan tersebut.

Penyelenggaraan kejuaraan panahan memperebutkan piala Gubernur Sulawesi Tenggara dan BAI 2023. Kejuaraan itu mempertemukan para pemanah lokal dan nasional.

"Olahraga panahan mengasah diri untuk bersabar. Emosi terkontrol dan fokus mencapai target," kata Ali Mazi, Jumat (3/3/2023).

Ia mengaku di Sulawesi Tenggara memiliki atlet panahan dengan potensi yang sama dengan daerah lain di Indonesia. Para atlet juga perlu berlatih serta membutuhkan event atau kejuaraan untuk mengukur perkembangan kemampuannya.

Baca Juga: Melatih Fokus, Olahraga Panahan Cocok untuk Auditor

Selain itu, Ketua Perpani Sulawesi Tenggara, Sarjono mengatakan, kejuaraaan panahan Sulawesi Tenggara 2023 akan digelar pada 9-12 Maret 2023 di Lapangan Benu-benua sebagai salah satu ajang mengasah kemampuan para pemanah menghadapi pra kualifikasi PON.

Para pemanah yang meraih juara akan mendapatkan uang pembinaan, piala, sertifikat dan tropi.

Kejuaraan itu mempertandingkan nomor recurve putra/putri, compound putra/putri, compound master man 40 putra/putri, standar nasional umum putra/putri, standar nasional U-15 putra/putri, standar nasional U-12 putra/putri, berbow putra/putri dan horsebow putra/putri.

Baca Juga: Mahasiswa Asal Muna Raih Emas Ajang Sudjono Cup 1

Dikutip dari Wikipedia.com, panahan (Archery) adalah salah satu olahraga yang dilakukan pemanah dengan cara menembakkan anak panah dengan bantuan busur untuk mencapai target atau sasaran tembak pada jarak yang sudah ditentukan.

Berdasarkan pembinaan kondisi fisik, ada komponen-komponen fisik yang lebih spesifik untuk panahan, yaitu daya tahan (endurance), kekuatan (strength), kelenturan (flexibilitas), dan structure/accuracy.

Dengan memiliki kekuatan otot dan daya tahan otot yang baik, maka akan memberikan keuntungan besar bagi pemanah untuk tampil di puncaknya. Di samping itu, memanah membutuhkan kekuatan otot tubuh bagian atas dan inti yang menggerakkan kelompok otot utama. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga