Kemendagri Batalkan Hasil PSU, Pemkab Muna Persiapkan Pelantikan 4 Cakades Terpilih

Sunaryo, telisik indonesia
Jumat, 28 Juli 2023
0 dilihat
Kemendagri Batalkan Hasil PSU, Pemkab Muna Persiapkan Pelantikan 4 Cakades Terpilih
Wakil Bupati Muna, Bachrun Labuta, mulai mempersiapkan pelantikan cakades terpilih. Foto: Sunaryo/Telisik

" Kemendagri meminta Bupati Muna melantik empat cakades terpilih meliputi Parigi, Wawesa, Oensuli dan Kambawuna. Surat tersebut juga membatalkan hasil pemungutan suara ulang (PSU) di empat desa itu "

MUNA, TELISIK.ID - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah memberikan tanggapan terkait polemik pemilihan empat kepala desa (pilkades) di Kabupaten Muna.

Pada surat tanggal 24 Juli Nomor 100.3.5.5/3300/BPD yang diteken Dirjen Bina Pemerintahan Desa, Eko Prasetyanto, meminta Bupati Muna melantik empat cakades terpilih meliputi Parigi, Wawesa, Oensuli dan Kambawuna. Surat tersebut juga membatalkan hasil pemungutan suara ulang (PSU) di empat desa itu.

Wakil Bupati (Wabup) Muna, Bachrun Labuta menerangkan, bila keputusan Kemendagri melantik cakades terpilih itu, maka tidak ada alasan harus dijalankan. Ia pun telah meminta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) untuk mempersiapkan proses pelantikan.

"Perintah kemendagri itu, kita akan jalankan," kata Bachrun, Jumat (28/7/2023).

Baca Juga: Tiga Kades Hasil PSU di Muna Sah

Baca Juga: PSU tak Diakui, Desk Pilkades Muna Siap Hadapi Gugatan

Dari empat cakades itu, satu di antaranya telah dilantik. Adalah Cakades Kambawuna yang pada saat PSU kembali menang. Sementara itu, Kadis PMD Muna, Fajaruddin Wunanto membenarkan telah ada surat tanggapan dari Kemendagri. Surat tersebut akan ditindaklanjuti.

"Kita akan rapatkan dulu," tandasnya. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga