Koalisi Pemuda Kolut Adukan PDAM ke Komisi III DPRD

Muh. Risal H, telisik indonesia
Senin, 22 November 2021
0 dilihat
Koalisi Pemuda Kolut Adukan PDAM ke Komisi III DPRD
RDP Komisi III DPRD Kolut dan PDAM Tirta Tampanama Kolut terkait kisruh insentif kariawan. Foto: Muh. Risal H/Telisik

" Koalisi Pemuda Kolaka Utara (Kolut) mengadukan kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tampanama ke Komisi III DPRD Kolut "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Koalisi Pemuda Kolaka Utara (Kolut) mengadukan kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tampanama ke Komisi III DPRD Kolut.

Aduan tersebut terkait buruknya menagemen pengelolaan PDAM dan tunggakan insentif karyawan yang sempat tertunda beberapa bulan.

Ketua Komisi III DPRD, Abu Muslim, SH menjelaskan, ada dua tuntutan pembawa aspirasi yakni terkait gaji karyawan yang sempat tertunda dan menagemen pengelolaan PDAM.

"Terkait insentif karyawan tadi dalam RDP Kabag Keuangan PDAM sudah menjelaskan jika tunggakan yang tersisa akan dilunasi bulan ini. Sementara untuk managemen pihak PDAM berjanji kedepannya akan memperbaiki semuanya," terangnya, Senin (22/11/2021).

Kata dia, melalui RDP yang digelar tersebut pihaknya merekomendasikan agar pihak PDAM memberikan data kongkrit terkait data karyawan secara keseluruhan dan data-data penting lainnya untuk dipelajari.

"Setelah data dari PDAM masuk dan kami kroscek maka kami kembali akan mengagendakan RDP," tukasnya.

Meski demikian, tambah kader Partai Golkar Kolut ini, belum bisa memastikan kapan dan hari apa RDP kedua digelar.  

"Kami belum bisa pastikan kapan RDP selanjutnya karena sebagian anggota komisi III dan pimpinan DPRD masih di luar kota. Yang pasti, jika data tersebut sudah masuk dan kami pelajari maka secepatnya kami akan RDP," pungkasnya.

Menurut Wakil Ketua II DPRD Kolut, Agusdin, S.Kom, tujuan Komisi III meminta data hanya untuk membantu pihak PDAM menyelesaikan persolan yang mendera penyedia air bersih tersebut.

"Tujuannya semata-mata untuk mencari tahu persoalan yang dihadapi pihak PDAM dan berfikir bersama dan mencari solusi terbaik atas permasalahan yang ada," ucapnya.  

Baca Juga: Gegara Dana Sharing, Muna Tolak Program BSPS

Sampai saat ini, pihaknya belum bisa menentukan jadwal RDP berikutnya karena sebagian anggota komisi dan ketua berada di luar daerah.

Namun yang pasti, menurut Abu Muslim, jika dalam data tersebut terdapat kejanggalan maka mereka akan memanggil kembali pihak PDAM.

Sementara itu, Direktur PDAM Tirta Tampanama Kolut, Jumadi, S.Sos menuturkan, tersendatnya insentif karyawan PDAM beberapa waktu lalu diakibatkan kondisi keuangan perusahaan yang tidak stabil.

"Kemarin kami berusaha membayarkan THR karyawan karena itu juga hak mereka dan pembayaran itu mempengaruhi insentif karyawan akibat kondisi keuangan perusahaan yang tidak stabil," jelasnya.

Meski demikian, kata dia, tunggakan gaji karyawan hingga saat ini tinggal  bulan ini. Itupun sudah masuk dan tinggal menunggu realisasi berdasarkan ketentuan yang ada.

Baca Juga: Pemblokir Jalan Provinsi di Muna Dipolisikan, Begini Tanggapan Pemerhati Hukum

Sebagai informasi, berdasarkan pantauan Telisik.id, RDP yang digelar di ruang aspirasi DPRD Kolut tidak dihadiri Koalisi Pemuda Kolaka Utara sebagai pembawa aspirasi. Menurut Ketua Komisi III, saat dikonfirmasi mereka beralasan memiliki agenda lain.

Walaupun demikian, RDP tetap digelar mengingat mayoritas anggota DPRD banyak menemukan keluhan masyarakat saat reses terkait pelayanan PDAM sehingga mereka memiliki kesempatan menyampaikan langsung keluhan tersebut.

RDP ini dipimpin langsung Ketua Komisi III, Abu Muslim dan dihadiri Ketua Fraksi PKB, Muh. Syair, S.Sos., Ketua Fraksi PBB, Haedirman Sarira, S.Pd., Anggota Fraksi Demokrat, Basman dan Baharuddin, SH. (A)

Reporter: Muh. Risal H

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga