Kolaborasi Pemuda Jadi Kunci Kemajuan Bangsa di Era Bonus Demografi

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Sabtu, 28 Januari 2023
0 dilihat
Kolaborasi Pemuda Jadi Kunci Kemajuan Bangsa di Era Bonus Demografi
Para peserta gebyar muda berkarya di Fakultas Peternakan UHO. Foto: Ahmad Badaruddin/Telisik

" Indonesia akan menghadapi bonus demografi pada 2045, saat itu para pemuda jadi kunci kemajuan Indonesia "

KENDARI, TELISIK.ID - Indonesia akan menghadapi bonus demografi pada 2045, saat itu para pemuda jadi kunci kemajuan Indonesia.

Bonus demografi sendiri adalah sebuah masa di mana penduduk usia produktif (15-64 tahun) akan lebih besar di banding usia nonproduktif (65 tahun ke atas) dengan proporsi lebih dari 60?ri total jumlah penduduk Indonesia. 

Meningkatnya jumlah penduduk usia produktif diperkirakan tepat saat Indonesia berusia 100 tahun atau pada tahun 2045 nanti. Kesempatan ini dapat digunakan untuk mengoptimalkan peningkatan ekonomi dan kesejahteraan bangsa Indonesia.

Baca Juga: PPK Kambu Ingatkan PPS Cegah Kerawanan Rekrutmen Pantarlih

Untuk memanfaatkan kesempatan emas tersebut, maka pemuda menjadi salah satu kunci akan keberhasilan dari adanya bonus demografi ini sebab pada 2045 nanti pemuda akan mendominasi jumlah penduduk bangsa Indonesia. Namun, mampukah pemuda Indonesia memanfaatkan kesempatan emas tersebut?

Menjawab pertanyaan tersebut, Irfan Hakim selaku ketua dari Indonesia Next Leader Regional Sulawesi Tenggara mengaku, cara terbaik untuk mempersiapkan kesempatan emas bonus demografi tersebut adalah melakukan kolaborasi antar pemuda.

"Pada masa yang akan datang kita para pemuda yang akan menjadi ujung tombak kemajuan bangsa kita, untuk itu melalui kesempatan ini kita harus berkolaborasi memikirkan cara-cara untuk mempersiapkan kesempatan tersebut," ungkapnya pada kegiatan Gebyar Muda Berkarya, Sabtu (28/01/2023) di Aula Fakultas Peternakan Universitas Halu Oleo (UHO).

Baca Juga: Campak di Kota Kendari Bukan Kejadian Luar Biasa Meski Jumlahnya Meningkat

Lebih lanjut, Dekan Fakultas Peternakan UHO, Ali Bain menyetujui apa yang disampaikan oleh Irfan Hakim karena menurutnya dengan kolaborasi, dapat diktahui potensi masing-masing pemuda.

"Kunci keemasan bangsa ini adalah kolaborasi dari para pemudanya," ujar Ali Bain.

Kegiatan Gebyar Muda Berkarya sendiri merupakan bagian acara dari Y20 Post Summit yang digelar di 6 provinsi di Indonesia, acara ini menjadi wadah untuk para pemuda berkarya dan berkolaborasi di daerah masing-masing. (B)

Penulis: Ahmad Badaruddin 

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga