Kolaka Bakal Bangun Puskesmas Prototipe Standar Nasional Pertama di Sultra

Muh. Sabil, telisik indonesia
Selasa, 28 September 2021
0 dilihat
Kolaka Bakal Bangun Puskesmas Prototipe Standar Nasional Pertama di Sultra
Pengerjaan bangunan puskesmas prototipe pertama di Sultra. Foto: Muh Sabil/Telisik

" Bupati Kolaka, Ahmad Safei, SH, MH mengungkapkan bahwa puskesmas tersebut akan menjadi puskesmas representatif sesuai standar yang dikeluarkan Kemenkes RI "

KOLAKA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Kolaka resmi terpilih sebagai daerah strategis berdirinya gedung puskesmas prototipe berstandar nasional Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia.

Dari 536 kabupaten/kota di Indonesia, baru ada sekira 60 daerah yang mendapatkan program puskesmas prototipe, dan Kabupaten Kolaka adalah salah satu daerah yang terpilih dari 17 kabupaten/kota yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Bupati Kolaka, Ahmad Safei, SH, MH mengungkapkan bahwa puskesmas tersebut akan menjadi puskesmas representatif sesuai standar yang dikeluarkan Kemenkes RI.

Ahmad Safei berharap agar keberadaan puskesmas itu didukung dengan pelayanan optimal.

"Tentunya dengan adanya puskesmas prototipe ini Pemkab Kolaka mengharapkan pelayanan optimal dan berkualitas didukung sarana fasilitas lengkap demi pelayanan terbaik untuk masyarakat," ujar Ahmad Safei, Senin (27/9/2021).

Fasilitas dan peralatan kesehatan, serta ketersediaan sumber daya manusia kesehatan (SDMK) ditunjang suatu sistem pelayanan yang baik, diharapkan mampu memberikan layanan kesehatan secara efisien dan berkualitas.

Hal tersebut sesuai visi dan misi Pemkab Kolaka melalui 9 program prioritas unggulan. Dimana, pelayanan kesehatan masuk pada poin kedua dari program utama Pemerintah Kolaka.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kolaka, Drs Harun Masirri, Apt, M.Kes menjelaskan, puskesmas prototipe tersebut dibangun setelah dinyatakan layak oleh tim Kemenkes serta pembangunannya mengacu pada ketentuan Kemenkes pula.

Hal senada diutarakan Humas Dinkes Kolaka, Nasruddin, SKM, MPH. Dia mengatakan, prinsip pembangunan puskesmas ini nanti sesuai dengan Peraturan Kementerian Kesehatan (Permenkes).

"Perlu diketahui bahwa pembangunan puskesmas prototipe ini berdasarkan standar nasional yang sama di seluruh Indonesia," jelas Nasruddin.

Baca Juga: Bioskop Kembali Buka, Ini Dia Film Terlaris di Cinepolis Lippo Plaza Kendari Selama September

Baca Juga: Serap Tenaga Kerja Lokal, Kolaka Bangun Mega Pabrik Sawit Nasional

Lanjutnya, keberadaan puskesmas bukan hanya sebatas mendekatkan pelayanan kepada masyarakat tetapi juga mengedepankan pelayanan yang lebih berkualitas dalam arti lebih nyaman dan aman bagi masyarakat.

Berdasarkan hasil audiensi Bupati Kolaka bersama Kemenkes melalui Dirjen Fasilitas Kesehatan, Kabupaten Kolaka dipilih sebagai lokasi pembangunan puskesmas prototipe sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 43 tahun 2019.

Gedung puskesmas prototipe berdiri di lahan seluas 860 meter persegi terletak di Jalan Kadue, Kelurahan Sea, Kecamatan Latambaga, mulai dibangun pada tanggal 30 April 2021 serta ditargetkan rampung 25 Desember 2021.

Dalam pembangunan gedung puskesmas, menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) reguler pelayanan dasar dengan total anggaran sekira Rp 7,1 miliar. (A)

Reporter: Muh Sabil

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga