Konsel Mulai Ancang-Ancang Sambut Pemilu 2024

Ashar Hamka, telisik indonesia
Selasa, 15 Februari 2022
0 dilihat
Konsel Mulai Ancang-Ancang Sambut Pemilu 2024
KPU Konsel bersama Pemda Konsel dan sejumlah elemen terkait dalam peluncuran agenda tahapan pemilu 2024. Foto: Ist

" KPU Konawe Selatan (Konsel) sudah bersiap mengambil ancang-ancang untuk pelaksanaan Pemilu 2024 "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Kendati pelaksanaan Pemilu 2024 masih dua tahun lagi, namun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe Selatan (Konsel) sudah bersiap mengambil ancang-ancang.

Ketua KPU Konsel, Aliudin mengungkapkan, secara resmi pihaknya telah meluncurkan agenda pemilu 2024 pada Senin 14 Februari 2022 kemarin. Tepat dua tahun jelang hari pemungutan suara.

"Di dalam rancangan Peraturan KPU (PKPU) mengenai tahapan program dan jadwal pemilu, nanti, pada Juni mendatang sudah masuk tahapan penyusunan peraturan, sosialisasi, dan bimbingan teknis (Bimtek) kepada penyelenggara dan calon peserta pemilu," kata Aliudin.

Untuk persiapan KPU Konsel lanjut ia, pihaknya memulai dengan mematangkan internal. Menguatkan sumber daya manusia dan peningkatan kapasitas di lingkungan KPU Konsel. Mempelajari kemungkinan terburuk, mengingat kondisi di tengah pandemi, dirinya menegaskan KPU sudah tidak kaku lagi.

Pengalaman pilkada 2020 dijadikan bekal. Di mana pihaknya sukses mencegah terjadinya klaster Pilkada di Konsel.

"Setelah masuk tahapan nanti, kita tidak lagi bicara tentang hal tersebut. KPU sudah siap jalan," ujarnya.

Mengenai anggaran untuk menggelar pesta demokrasi itu, Aliudin belum dapat memastikan secara rinci. Mengingat anggaran yang diajukan masih dalam bentuk draft.

"Jika sudah ada pasti kami sampaikan. Harapan kami partisipasi masyarakat menggunakan haknya meningkat. Keberhasilan pada pemilihan bupati kemarin, partisipasi masyarakat 83,5 persen di atas target nasional 77,6 persen," ungkapnya.

Baca Juga: KPU Resmi Luncurkan Hari Pemungutan Suara di 14 Februari 2024

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Konsel, Sjarif Sajang menuturkan, pihaknya berkomitmen mendukung penuh KPU Konsel, menyukseskan penyelenggaraan pemilu 2024. Termasuk program pemutakhiran daftar pemilu dan tahapan lainnya.

"Kami pasti mendukung terselenggaranya pemilu di Konawe Selatan, apalagi Undang-Undangnya sudah jelas. Kami juga akan menyajikan data-data yang dibutuhkan KPU dan Bawaslu," katanya.

Perihal usulan dari KPU dan Bawaslu, lanjut ia, nanti di APBD perubahan tahun ini. Selanjutnya diusulkan pada APBD induk tahun 2023.

Baca Juga: Rudini Ncea Pimpin Partai Demokrat Buton, Target Menang Pemilu 2024

“Berapa besaran anggaran yang disiapkan belum bisa kami memberikan gambaran. Kami perlu mempelajari hal-hal yang diusulkan oleh KPU dan Bawaslu. Tentu saja usulan tersebut bersifat efisiensi, efektif dan rasional," ujarnya.

Paling utama saat ini sambungnya, berdasarkan yang disampaikan KPU tentang perubahan data. Yaitu pemilih pemula dan unsur TNI dan Polri yang notabenenya yang sudah pensiun, yang sudah masuk wajib pilih.

"Jadi itu dulu sasaran-sasaran yang diselesaikan terlebih dahulu," ungkapnya. (B)

Reporter: Ashar Hamka

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga