Makanan Ini Sebaiknya Dihindari saat Haid

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 01 Agustus 2023
0 dilihat
Makanan Ini Sebaiknya Dihindari saat Haid
Ada beberapa jenis makanan yang membuat nyeri menstruasi yang kamu alami menjadi lebih parah. Foto: Herstory.co.id

" Menstruasi bisa bikin wanita jadi tidak nyaman menjalani aktivitasnya sehari-hari. Selain itu, tamu bulanan ini bisa membuat mood wanita jadi gampang berubah "

KENDARI, TELISIK.ID - Menstruasi bisa bikin wanita jadi tidak nyaman menjalani aktivitasnya sehari-hari. Selain itu, tamu bulanan ini bisa membuat mood wanita jadi gampang berubah.

Ternyata, ada beberapa jenis makanan yang membuat nyeri menstruasi yang kamu alami menjadi lebih parah. Pasalnya selama mentruasi berlangsung, tubuh kehilangan darah dan mengalami perubahan hormon yang cepat. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi air, zat besi dan vitamin

Berikut makanan yang sebaiknya dihindari saat menstruasi dikutip dari Kompas.com dan halodoc.com:

Baca Juga: Intip Rutinitas Wanita Jepang Bikin Rambut Lembut dan Atasi Rambut Rontok

1. Makanan dan minuman berkafein

Penulis buku Prescription for Natural Cures, James F. Balch dan Mark Stengles mengungkapkan bahwa mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti cokelat, kopi, teh, dan minuman bersoda bisa membuat gejala-gejala yang biasanya muncul saat menstruasi, seperti perubahan mood dan nyeri payudara semakin bertambah parah.

Sebaliknya, membatasi konsumsi makanan dan minuman berkafein membantu meringankan gejala menstruasi. Jadi, menjelang dan selama menstruasi, kamu disarankan untuk lebih banyak minum air putih dan teh herbal saja agar cairan.

2. Makanan berlemak tinggi

Makanan mengandung lemak jenuh memang harus dihindari. Selain itu, hindari juga makanan berlemak tinggi. Jenis makanan berlemak tinggi dipercaya meningkatkan hormon estrogen dalam tubuh, sehingga saat menstruasi, kamu merasa nyeri pada payudara dan perut kembung. Jadi, sebaiknya konsumsilah makanan rendah lemak seperti buah, sayur-sayuran, dan daging rendah lemak selama menstruasi. 

3. Gandum olahan

Gandum olahan tidak sesehat gandum murni karena sebagian besar nutrisi yang terdapat di dalamnya sudah hilang akibat proses pengolahan. Dilansir dari laman SFGate, mengonsumsi gandum olahan, seperti kue, roti putih, biskuit saat menstruasi mengganggu gula darah dan nafsu makanmu.

Jadi, daripada mengonsumsi gandum olahan, pilihlah makanan yang menggunakan gandum murni seperti oatmeal dan nasi merah selama menstruasi. 

Baca Juga: Intip Makanan yang Bisa Bikin Tidur Nyenyak

4. Makanan manis

Memang sih, saat menstruasi, kamu cenderung ingin mengonsumsi makanan yang manis-manis. Namun, mengonsumsi cokelat dan es krim saat datang bulan justru akan membuat kadar gula darah menjadi tidak stabil, yang berpengaruh pada perubahan suasana hati atau mood swings, dilansir dari Healthline. Kalau ingin mengonsumsi makanan manis, pilih makanan manis yang sehat dan rendah lemak seperti buah atau yogurt.

5. Makanan pedas

Sebaiknya, hindari makanan dengan cita rasa pedas karena bisa menambah gas dalam perut dan membuat kembung. Ada baiknya untuk mengonsumsi makanan berkuah dengan bumbu dari kayu manis, kunyit, dan adas karena bisa mengatasi gejala PMS. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga