Megahnya Air Terjun Tondopi di Bombana Tingginya Hingga 15 Meter

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Sabtu, 10 Desember 2022
0 dilihat
Megahnya Air Terjun Tondopi di Bombana Tingginya Hingga 15 Meter
Megahnya air terjun Tondopi yang punya ketinggian hingga 15 meter. Foto: Instagram @akhyarft

" Kata siapa Sulawesi Tenggara hanya terkenal karena Wakatobinya? Ternyata masih banyak lho obyek wisata lain yang bisa Telisikers eksplor saat berkunjung ke daerah yang menjadi rumah bagi hewan anoa ini, salah satunya air terjun Tondopi "

BOMBANA, TELISIK.ID - Kata siapa Sulawesi Tenggara hanya terkenal karena Wakatobinya? Ternyata masih banyak lho obyek wisata lain yang bisa Telisikers eksplor saat berkunjung ke daerah yang menjadi rumah bagi hewan anoa ini, salah satunya air terjun Tondopi.

Dilansir dari website resmi Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara, disparsultra.id, air terjun Tondopi terletak di Desa Tongkoseng, Kecamatan Tontonunu, Kabupaten Bombana. Jaraknya sekitar 49 kilometer atau 1,5 jam dari pusat Kabupaten Bombana di Rumbia.

Seorang pegiat travelling, Ahmad Akhyar bercerita saat kali pertama ia berkunjung ke air terjun tersebut di Juni 2020, saat itu menurutnya air terjun Tondopi masih asri dan belum dikunjungi banyak orang.

Baca Juga: Pesona Eksotis Gua Watuburi Bombana yang Merupakan Situs Prasejarah

Dulu ia harus menempuh medan yang sulit untuk membayar keindahan air terjun itu, dengan berjalan kaki berkilo-kilo meter melewati pemukiman warga. Namun saat terakhir kali ia berkunjung kembali di tahun 2021 lalu, ia melihat sudah banyak perkembangan pada obyek wisata satu ini.

Air terjun Tondopi yang terletak di Desa Tongkoseng, Kecamatan Tontonunu, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara. Foto: Repro disparsultra.id

 

"Kalau saat ini sudah ada jalan baru yang dibuat oleh salah satu PT di Bombana, jadi tidak usah lewat di pemukiman warga lagi," jelasnya kepada Telisik.id.

Ia menambahkan, saat ini pekarangan di sekitar air terjun sudah agak luas dengan pepohonan yang ditebang untuk memperluas pemandangan mata, warga sekitar juga memanfaatkan pekarangan tersebut untuk membuka kios makanan dan minuman untuk pengunjung.

Saat datang ke sana, Telisikers akan terkagum-kagum dengan kemegahan air terjun Tondopi yang menjulang tinggi hingga memaksa leher mendongak melihat keindahannya.

Baca Juga: Pantai Tanjung Tabako jadi Destinasi Wisata Favorit Masyarakat Bombana

Akhyar menggambarkan mata air yang jatuh dari air terjun Tondopi tersebut tenang dengan arus yang tidak deras. Menurutnya, kolam di bawah air terjun sangat cocok untuk dijadikan spot mandi dan berenang.

Kolam di bawah air terjun Tondopi sangat cocok untuk dijadikan spot berenang atau bermain air. Foto: Instagram @akhyarft

 

Meski begitu, pengunjung harus tetap hati-hati dengan medan bebatuan di bawah air terjun, dan mencari spot aman di tepi kolam yang tidak terlalu dalam. Pasalnya spot kolam yang dekat dengan air terjun Tondopi kedalamannya bisa mencapai 2-3 meter.

Dikutip dari suarapemerintah.id, air terjun Tondopi pasalnya punya ketinggian sekitar 15 meter. Beberapa spot di sana bisa menjadi angel pengambilan gambar yang keren untuk penuhi feed Instagrammu. (B-Adv)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga