Optimalisasi Kinerja Daerah, Pemkab Konawe Kepulauan Bakal Terapkan KKPD

Lukman Nul Hakim, telisik indonesia
Selasa, 06 Februari 2024
0 dilihat
Optimalisasi Kinerja Daerah, Pemkab Konawe Kepulauan Bakal Terapkan KKPD
Pemkab Konawe Kepulauan menggelar acara Sosialisasi pengunaan KKTD. Foto: Lukman Nul Hakim/Telisik

" Pentingnya penggunaan KKPD salah satunya adalah berkaitan pada perbelanjaan daerah, yang mungkin di awal tahun itu belum tersedia UP Tunai "

KONAWE KEPULAUAN, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan lakukan sosialisasi penggunaan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) tahun anggaran 2024 yang bertujuan untuk optimalisasi kinerja pemerintah daerah.

Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan pimpinan Bank Sultra, perwakilan pimpinan Bank Indonesia dan pimpinan Bank Sultra Cabang Wawonii Konawe Kepulauan. Kehadiran beberapa perwakilan pimpinan bank merupakan satu langkah sosialisasi awal serta langsung memberikan penjelasan materi terkait pengunaan serta fungsi dari KKPD itu sendiri.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Konawe Kepulauan, Mahmud mengatakan, pentingnya penggunaan KKPD salah satunya adalah berkaitan pada perbelanjaan daerah, yang mungkin di awal tahun itu belum tersedia UP Tunai pada perbelanjaan seperti perjalanan dinas, pembelian ATK maupun makan dan minum, dengan hadirnya KKPD mampu memudahkan pihak pemerintah untuk bertransaksi melalui fitur-fitur dari Bank Sultra.

Baca Juga: Pemda Konawe Kepulauan Pastikan RKPD 2025 Tepat Sasaran

Adapun berkaitan dengan belanja modal untuk UP KKPD, tidak ditentukan karena berbeda dengan penatausahaan barang dan jasa dan belanja modal. Untuk belanja modal itu sendiri kita tetap mengacu pada mekanisme proses pengacuan SPP-LS.

"Untuk penggunaan KKPD hanya bisa dilakukan dan dipegang oleh dua pihak saja yaitu kepala OPD dan bendahara keauangan," jelas Mahmud, Selasa (6/2/2024).

Baca Juga: Konawe Kepulauan Peroleh Bantuan Cadangan Pangan Beras 31,96 Ton

Dalam sambutan Bupati Konawe Kepulauan yang diwakili oleh Sekertaris Daerah, Cecep Trisnajayadi menyampaikan, dilaksanakannya sosialisasi tersebut bersamaan dengan penandatanganan MoU antara Pemkab Konawe Kepulauan dengan Bank BPD Sultra yang digunakan sebagai bank penempatan Rekening Khas Umum Daerah (RKUD) yang nantinya akan memfasilitasi penerbitan KKPD Konawe Kepulauan.

"Kita berharap penggunaan KKPD di Konawe Kepulauan dapat mengurangi uang tunai nganggur dari penggunaan uang sekian pada OPD serta meningkatkan keamanan dan mengurangi potensi hal yang tidak diinginkan serta meminimalisir penggunaan uang tunai," harapnya. (B-Adv)

Penulis: Lukman Nul Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga