Pengenalan Hukum dan UU Perlindungan Anak pada Pelajar

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Rabu, 07 Desember 2022
0 dilihat
Pengenalan Hukum dan UU Perlindungan Anak pada Pelajar
Pihak Pengadilan Negeri Kendari saat memberikan pemahaman hukum dan Undang-Undang Perlindungan Anak pada pelajar SMKN 1 Kendari. Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/Telisik

" Perlindungan anak merupakan bagian penting untuk melindungi generasi penerus bangsa dari bahaya kejahatan yang terjadi di masyarakat "

KENDARI, TELISIK.ID - Perlindungan anak merupakan bagian penting untuk melindungi generasi penerus bangsa dari bahaya kejahatan yang terjadi di masyarakat.

Maraknya kejahatan kepada anak, Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Kendari Goes To School ke SMKN 1 Kendari untuk melakukan pengenalaan PN kepada siswa-siswi mengenai tugas, tanggungjawab PN serta memberikan pemahaman tentang Undang-Undang Perlindungan Anak.

Anak yang berhadapan dengan hukum bukan hanya anak yang berkonflik dengan hukum atau anak sebagai pelaku tindak pidana. Tapi juga mencakup anak yang menjadi korban dan anak yang menjadi saksi dari suatu perbuatan tindak pidana.

Kepala SMKN 1 Kendari, Drs Ali Koua mengatakan, siswa-siswi harus mengetahui tugas dan tanggungjawab PN sebagai penegak hukum dan Undang-Undang Perlindungan Anak.

"Pengenalan fungsi pengadilan negeri sebagi penegakkan hukum ini agar anak-anak bisa mengerti hukum dan pengadilan, selain itu mereka juga harus mengetahui tentang UU Perlindungan Anak," ujar Ali, Rabu (7/12/2022).

Baca Juga: Massa Bentrok dengan Polisi Soal Kasus PT Mandala Jayakarta

Hakim PN Kendari, Andi Edi Fiato, SH mengatakan, tujuan dari kegiatan ini untuk pengenalan PN Kendari kepada siswa-siswi agar mereka tahu di mana PN Kendari, fisilitasnya apa saja dan apa yang bisa diberikan untuk  para pencari keadilan, selain itu memberitahu kepada siswa-siswi mengenai tugas dan tanggungjawab PN Kendari.

"Kami juga memberikan pemahaman atau pengetahuan kepada siswa-siswi terkait UU Perlindungan Anak, agar anak mendapat edukasi begaimana cara mereka bergaul dengan baik," ujar Andi.

Ia menambahkan, PN Kendari bertugas sebagai penyelenggaraan peradilan di tingkat pertama dan siswa-siswi harus tau agar mereka tidak lagi bertanya-tanya tentang tugas PN dalam penegak keadilan.

Baca Juga: Ini Alasan Kendari Masuk 10 Kota dengan Inflasi Tertinggi di Indonesia

PN Kendari merupakan pengadilan tingkat pertama dalam mencari keadilan, dalam melaksanakan tugasnya terlepas dari pengaruh pemerintah dan pengaruh luar lain.

Salah satu siswa Renaldi mengatakan, dari kegiatan itu dirinya jadi ingin tau lebih banyak lagi tentang hukum, kejaksaan, pengadilan dan UU.

"Ini sangat bermanfaat untuk kami karena kami jadi mengetahui tentang hukum dan UU Perlindungan Anak, kami bisa lebih berhati-hati dalam bergaul," ujar Renaldi. (A)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga