Pilih Pj Wali Kota Kendari yang Tak Punya Kedekatan Emosional dengan Parpol

Musdar, telisik indonesia
Minggu, 04 September 2022
0 dilihat
Pilih Pj Wali Kota Kendari yang Tak Punya Kedekatan Emosional dengan Parpol
Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir dan Wakil Wali Kota Siska Karina akan berakhir menjabat 9 Oktober 2022. Selanjutnya posisi wali kota diisi Pj. Foto: Ist.

" Ada sembilan nama calon Pj yang akan dibawa ke sidang tim penilai akhir atau TPA, masing-masing tiga dari Kemendagri, Pemprov Sultra dan tiga dari DPRD Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Siapa sosok calon Pj Wali Kota Kendari, masih ditunggu. Ada sembilan nama calon Pj yang akan dibawa ke sidang tim penilai akhir atau TPA.

Sembilan nama itu masing-masing tiga dari Kemendagri, Pemprov Sultra dan tiga dari DPRD Kota Kendari.

Pengusulan calon Pj wali kota sudah akan dilakukan mengingat masa jabatan Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir akan berakhir 9 Oktober 2022.

Sesuai aturan, calon Pj kepala daerah bisa diusulkan 1 bulan sebelum berakhirnya masa jabatan.

Pengamat politik Sulawesi Tenggara, Dr. M. Najib Husain mengungkapkan bahwa tensi politik di Pilkada Kota Kendari menjadi yang paling panas dari 17 kabupaten kota yang ada di Sultra.

Hal itu karena Pilkada Kota Kendari dapat menjadi barometer untuk Pilgub Sultra.

Dengan begitu, Najib menilai, sosok yang cocok menjabat Pj wali kota adalah orang yang tidak atau paling minimal memiliki ikatan emosional dengan partai politik atau figur yang akan maju di Pilkada Kota Kendari 2024.

Baca Juga: Partai Baru, Parsindo Kendari Optimis Lolos Jadi Peserta Pemilu 2024

Menurut Najib, Pj wali kota yang punya kedekatan memungkinkan untuk dimanfaatkan oleh para calon untuk kepentingan pilkada sehingga penataan daerah yang diharapkan menjadi lebih baik, jutsru akan semakin amburadul.

"Sehingga yang kita harapkan Pj Wali Kota Kendari lebih banyak punya kekuatan pada perbaikan birokrasi dan tata kelola pemerintahan," ucap Najib, Minggu (4/9/2022).

Dosen Ilmu Politik FISIP UHO ini menilai, figur yang disebut-sebut berpeluang diusulkan oleh DPRD Kota Kendari juga memiliki peluang untuk ditunjuk menjadi Pj.

Karena selain memenuhi syarat menjabat Pj wali kota, Sekda Kota Kendari Ridwansyah Taridala ataupun mantan Sekda Kota Kendari Nahwa Umar memiliki track record positif dan pengalaman di lingkup birokrasi.

"Kita hanya berharap orang yang nanti dipilih menjadi Pj adalah orang yang bisa menciptakan suasana yang lebih aman dan kondusif di Kota Kendari," ucapnya.

Saat ini DPRD Kota Kendari sudah menerima surat Kemendagri perihal pengusulan tiga nama calon Pj wali kota.

Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan mengungkapkan bahwa DPRD akan segera menindaklanjuti surat tersebut dengan menggelar pertemuan bersama pimpinan DPRD dan fraksi.

“InsyaAllah minggu depan akan kita proses dengan duduk bersama pimpinan dan fraksi untuk merumuskan ataupun juga menjadwalkan langkah apa yang akan kita lakukan dengan adanya surat ini," kata Subhan.

Baca Juga: Rakor dengan Parpol, KPU Kendari Ingatkan Soal Catut Nama Anggota

Diketahui, sembilan calon Pj wali kota nantinya akan diusulkan dalam forum pra-TPA, di mana para kandidat itu akan dicek riwayat dan rekam jejaknya oleh lintas kementerian dan lembaga, termasuk PPATK, KPK, dan lainnya.

Dalam forum ini juga, sembilan nama kandidat Pj kepala daerah akan dikerucutkan menjadi 3 nama.

Sesudah tahapan tersebut, nama para kandidat akan dibawa ke sidang TPA yang juga terdiri berbagai kementerian dan lembaga serta dipimpin oleh presiden. (B)

Penulis: Musdar

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga