Profil Sudirman: Fokus Nyaleg Sebelum Tempur Cawali

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Senin, 11 September 2023
0 dilihat
Profil Sudirman: Fokus Nyaleg Sebelum Tempur Cawali
Anggota Komisi IV DPRD Sulawesi Tenggara, Sudirman digadang jadi pentolan PKS yang maju jadi calon Wali Kota Kendari. Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

" Wajah Sudirman, sempat terpampang di baliho jalanan Kota Kendari sebagai sosok yang bakal maju di kontestasi Calon Wali Kota Kendari 2024. "

KENDARI, TELISIK.ID - Wajah Sudirman, sempat terpampang di baliho jalanan Kota Kendari sebagai sosok yang bakal maju di kontestasi Calon Wali Kota Kendari 2024.

Sudirman yang ditemui usai rapat paripurna DPRD Sulawesi Tenggara di Rujab Gubernur tak mau berkomentar banyak, ia masih fokus pada pencalonan periode keduanya sebagai wakil rakyat Sulawesi Tenggara.

Pria yang khas berpenampilan memakai peci hitam itu bercerita, sepak terjangnya sebelum menjadi politikus dan duduk di kursi DPRD Sulawesi Tenggara.

Pria kelahiran Kota Kendari, 18 November 1982 ini berasal dari latar belakang pengusaha. Sebelum terjun di politik, Sudirman lama menggeluti usaha event organizer dan banyak bersentuhan dengan kehidupan masyarakat Kendari.

Ia menggeluti bidang usaha tersebut bahkan sebelum dirinya lulus dari Fakultas Ekonomi dan Manajemen Universitas Halu Oleo, tahun 2005.

Baca Juga: Profil Basri, Sekretaris DPD Golkar Sulawesi Tenggara Siap Guncang Panggung Pemilu 2024

Kelihaian Sudirman dalam mengelola bisnis dan bersosialisasi dengan masyarakat membuat orang-orang terdekatnya mendorong ia untuk maju jadi wakil rakyat. Dalam sekali percobaan, di tahun 2019 ia terpilih sebagai anggota DPRD Sulawesi Tenggara.

Ia mengemban amanah di komisi III awalnya pada 2,5 tahun masa jabatan awal. Di setengah masa jabatan lainnya, ia bergabung di komisi IV yang menangani pariwisata, tenaga kerja, kesejahteraan rakyat dan lainnya.

Selama menjabat, banyak pencapaian yang ia lakukan sebagai wakil rakyat. Salah satunya mengenai air bersih. Di Kota Kendari, dapilnya, airnya bersih merupakan hal yang urgent untuk ditangani.

Ia bersama komisi IV lainnya selama periode ini telah membangun 206 titik air sumur di Kota Kendari. Targetnya hingga jabatan berakhir, setidaknya harus ada 250 titik sumur bor yang dapat terealisasikan untuk menjadi sumber air bersih.

Baca Juga: Profil Lengkap Andap Budhi Revianto, Bakal Jadi Pj Gubernur Sulawesi Tenggara

Lainnya, sebagai calon kepala daerah, ia membawa misi Rp 100 juta per Rukun Tetangga (RT). Ide tersebut ia bangun dari banyak aspirasi masyarakat, mengeluhkan banyak dari musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) tak terealisasikan.

Kata Sudirman, seorang kepala daerah tak mungkin tahu betul detil kekurangan di setiap titik. Dengan pemberian alokasi Rp 100 juta per RT dapat mendorong masyarakat di lingkup terkecil membangun kekurangan di daerahnya sendiri.

Pencalonannya menjadi Wali Kota Kendari menurutnya akan tetap berdasarkan keputusan PKS, keputusan itu bakal diambil dari hasil survei dan elektabilitas dirinya dari pencalonan Anggota DPRD Sulawesi Tenggara.

Sementara itu dilansir dari Infopemilu.kpu.go.id, tahap pencalonan anggota DPRD provinsi saat ini bakal memasuki tahap pengajuan pengganti calon sementara pasca masukan dan tanggapan masyarakat atas daftar calon sementara (DCS) yang telah ditetapkan. (B)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga