Progres Gerbang Jalan Kendari-Toronipa Tahap Finishing, Akhir Januari Bakal Serah Terima

Erni Yanti, telisik indonesia
Sabtu, 27 Januari 2024
0 dilihat
Progres Gerbang Jalan Kendari-Toronipa Tahap Finishing, Akhir Januari Bakal Serah Terima
Progres pengerjaan gerbang Kendari-Toronipa masuk tahap finishing. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Pembangunan Gerbang Jalan Kendari-Toronipa kini memasuki tahap finishing "

KENDARI, TELISIK.ID - Pembangunan Gerbang Jalan Kendari-Toronipa kini memasuki tahap finishing. Progresnya telah mencapai 99 persen dan rencananya pada akhir Januari 2024 ini akan dilakukan Penyelesaian Hasil Pekerjaan (PHO) atau serah terima pertama.

Berdasarkan pantauan Telisik.id di lapangan, proses pengerjaan gerbang saat ini mulai memasuki tahap penyelesaian. Para pekerja mulai membersihkan kotoran bebatuan dan semen yang berhamburan di sekitar gerbang.

Selain itu, para pekerja juga sedang menempelkan tulisan sambutan ucapan selamat datang di gerbang Kendari-Toronipa tersebut.

Menurut salah satu pekerja, Sono mengatakan, pengerjaan sudah masuk tahapan finishing sehingga tidak lama lagi akan terselesaikan.

Baca Juga: Video Siswi SMK di Kendari Pesta Narkoba Viral di Media Sosial

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Bina Marga Sulawesi Tenggara, Pahri Yamsul mengatakan, proyek pengerjaan gerbang jalan Kendari Toronipa, progresnya sudah mencapai 99 persen.

“Alhamdulillah Pekerjaan gerbang jalan wisata Kendari-Toronipa kini telah masuk tahap finishing dan akhir Januari ini insyaallah sudah bisa dilalui oleh masyarakat,” kata Pahri, Jumat (26/1/2024).

Ia juga menjelaskan, proyek ini mengalami keterlambatan dengan target penyelesaian tahap pertama pada 31 Desember 2023 lalu, sesuai dengan kontrak satu tahun. Namun, bagian tengah yang menjadi fokus proyek belum sepenuhnya selesai.

Untuk meminimalisir keterlambatan proyek, pihaknya memberikan kesempatan  kepada pihak yang terkena denda. Memberikan perpanjangan waktu hingga 50 hari sampai tanggal 20 Februari 2024. Upaya yang  dilakukan ini agar pada akhir Januari, gerbang sudah dapat digunakan oleh masyarakat.

“Rencananya sesuai hasil komunikasi dengan penyedia, pada akhir Januari akan dilakukan Penyelesaian Hasil Pekerjaan (PHO) atau serah terima pertama. Sehingga masyarakat bisa melalui jalur," ujarnya.

Kemudian proyek ini dikonsepkan juga untuk menarik perhatian wisatawan sebagai akses tempuh jalan dengan tidak menguras banyak waktu.

"Akses jalan Kendari-Toronipa ini digenjot untuk menciptakan daya tarik pariwisata," ujar Pahri.

Baca Juga: Mayoritas Anggota KPPS Tak Paham Penggunaan Aplikasi Sirekap

Sementara itu, Kepala Seksi Preservasi Jalan dan Jembatan, Nurdin mengaku, saat ini untuk pekerjaan gerbang jalan wisata Kendari-Toronipa pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak penyedia, dan saat ini fokus pada tahap finishing.

“Proyek memiliki empat segmen, dan yang perlu penyelesaian adalah bagian tengah. Sekarang, masyarakat masih belum bisa melaluinya, tapi akan segera dibuka sisi sebelahnya. Sementara sisi lainya akan dibuka bertahap bila sudah tuntas,” bebernya.

Salah seorang warga yang berada di sekitaran gerbang Kendari-Toronipa, Zainal Arifin mengaku bersyukur dengan adanya pembangunan gerbang tersebut karena akan menjadi ikon tambahan Kota Kendari yang akan menarik wisatawan.

Kemudian, kata Zainal Arifin, gerbang Kendari-Toronipa ini menurutnya menghidupkan dan memberi warna kembali terkhusus daerah Kota Lama, Kendari. (A)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga