Puluhan Lansia di Baubau Rata-Rata Mengidap Penyakit Ini

Ali Iskandar Majid, telisik indonesia
Sabtu, 06 April 2024
0 dilihat
Puluhan Lansia di Baubau Rata-Rata Mengidap Penyakit Ini
Seorang Lansia saat memeriksakan gula darah pada kegiatan medicial check up gratis di Kantor Kelurahan Kampeonaho, Wonco, Baubau. Foto: Ali Iskandar Majid/Telisik

" Sebanyak 80 orang lanjut usia (Lansia) mendapatkan pelayanan kesehatan medicial check up gratis di Wonco, Kota Baubau "

BAUBAU, TELISIK.ID - Sebanyak 80 orang lanjut usia (Lansia) mendapatkan pelayanan kesehatan medicial check up gratis di Wonco, Kota Baubau, Sabtu (6/4/2024).

Dokter Umum Klinik Utama Zafira, dr. Faturrachman yang menjadi salah relawan yang tergabung pada kegiatan tersebut menuturkan, pada pemeriksaan kesehatan yang menjadi prioritas ialah orang Lansia yang berusia 60 tahun ke atas.

Ia mengatakan, rata-rata keluhan yang  masuk dari hasil medicial check diperoleh sebanyak 70 persen berasal dari tekanan darah yang tinggi (Hipertensi) dan gula darah yang tinggi (Diabetes Melitus). Kemudian ditemukan juga lansia yang mengidap penyakit asma.

Maka dari itu, kata dia, pihak tenaga kesehatan melakukan penguatan dengan mengedukasi saat para lansia memeriksakan kondisi tubuh mereka. Cara lain, dengan mengintegrasikan para Lansia untuk aktif dalam melaksanakan kegiatan pola hidup sehat seperti berolahraga teratur, mengatur pola makan, dan rutin pemeriksaan kesehatan di faskes setempat.

Baca Juga: Pj Bupati Buton Selatan Hadiri Pelepasan ASN Purna Tugas

Fatur berharap, medicial check up yang diterima oleh para lansia tidak terputus sampai di sini (kegiatan pelayanan kesehatan gratis). Namun juga dapat diperiksakan pada layanan kesehatan Puskesmas setempat untuk mendapatkan penanganan kesehatan lebih lanjut.

Ia mengaku terkait obat-obatan dan juga alat yang digunakan pada pelayan kesehatan gratis tersebut sudah memadai. Dimana seperti obat-obatan untuk para Lansia disediakan obat untuk penyakit hipertensi, obat untuk diabetes melitus, dan vitamin.

Sedangkan alat-alat kesehatan yang digunakan, ia mengaku tiap-tiap dari tenaga kesehatan juga membawa alat kesehatan milik pribadi masing-masing. Selain itu, disediakan pula alat untuk memeriksa gangguan pada telinga namun bedasarkan hasil medicial check up yang diperoleh tidak ditemukan lansia yang mengalami gangguan pada telinga.

"Kalaupun obatnya terbatas tetap akan kita kasih tau kalau ini obat yang dibutuhkan, setelah itu kita arahkan untuk tetap kontrol di Puskesmas setempat," katanya.

Sementara itu, Ketua RT 03/ RW 01, Waode Karaha, Kelurahan Kampeonaho, Wonco, Kecamatan Bungi, Kota Baubau, Ruslan (60) turut memeriksakan kesehatan kondisi tubuhnya.

Ruslan mengatakan, setelah mengikuti pemeriksaan kesehatan diperoleh hasil kalau tekanan darahnya naik hingga 160. Padahal, ia mengaku normalnya tekanan darahnya berkisar dioangka 150 namun dirinya masih merasa sering pusing.

Ia juga mengungkapkan, telah diberikan obat-obatan dan vitamin dari pihak tenaga kesehatan. Ruslan sangat mengapresiasi kegiatan sosial tersebut, ia berharap semoga di tahun berikutnya pelayanan kesehatan gratis dapat diselenggarakan kembali.

Ia menyampaikan, tidak memerlukan syarat-syarat tertentu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis yang diselenggarakan ini. Pasalnya, pihak penyelenggara telah berkerjasama dengan para pemerintah kelurahan untuk mendata jumlah Lansia yang di Kelurahan Kampeonaho untuk diberikan pelayanan kesehatan gratis.

Baca Juga: Pj Bupati Buton Selatan Buka Forum Konsultasi Publik RKPD Tahun 2025

Ketua Panitia penyelenggara kegiatan medicial check up, Rajab mengatakan, selain sebagai kegiatan amal, keharusan lainnya dari diadakannya layanan kesehatan tersebut sebab mengingat orang tua di usia Lanjut rentan terkena penyakit-penyakit serius, seperti hipertensi dan diabetes melitus yang menjadi penyebab dari kematian masyarakat Indonesia.

Lebih lanjut, di Kelurahan Kampeonaho banyak ditemukan lansia dengan keluhan tekanan darah tinggi dan gula darah yang tinggi dari kadar normalnya. Untuk itu, kata dia, penting untuk mengedukasikan kepada lansia tentang hal-hal seperti itu melalui layanan kesehatan gratis.

Ia menyampaikan, pihaknya akan melakukan kegiatan layanan kesehatan gratis secara berkelanjutan atau dengan kata lain akan dilaksanakan setiap tahunnya. Untuk tetap memastikan para lansia tetap memperhatikan pentingnya memerintahkan kesehatan tubuh diousia renta.

Diketahui, kegiatan sosialisasi kesehatan medicial check up dirangkaikan dengan pemberian sembako kepada para Lansia yang telah diperiksa kesehatannya.

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga