Resmi Ditutup, 13 Juta Pengguna TikTok Shop Kehilangan Cuan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 04 Oktober 2023
0 dilihat
Resmi Ditutup, 13 Juta Pengguna TikTok Shop Kehilangan Cuan
Ada sejumlah peraturan terkait e-commerce dan social commerce. Salah satunya adalah pengaturan terkait model bisnis social commerce hanya dapat mempromosikan produk, dan bukan untuk transaksi. Foto: Repro Store.sirclo.com

" Sekitar 13 juta pengguna TikTok yang terdiri dari enam juta penjual dan tujuh juta kreator, kehilangan peluang untuk meraih cuan dari platform TikTok "

KENDARI, TELISIK.ID - Sekitar 13 juta pengguna TikTok yang terdiri dari enam juta penjual dan tujuh juta kreator, kehilangan peluang untuk meraih cuan dari platform TikTok. Pasalnya, mulai Rabu (4/10/2023) sore, TikTok Shop resmi ditutup pukul 17.00 WIB.

“Dengan demikian, kami tidak akan lagi memfasilitasi transaksi e-commerce di dalam TikTok Shop Indonesia. Efektif per tanggal 4 Oktober, pukul 17.00 WIB,” tulis TikTok dikutip dari Pjmnews.com.

Meski begitu, TikTok menyebutkan, pihaknya masih akan terus berkoordinasi dengan Pemerintah RI terkait kebijakan dan rencana social commerce sebelumnya.

Terkait aturan itu, ada sejumlah peraturan terkait e-commerce dan social commerce. Salah satunya adalah pengaturan terkait model bisnis social commerce hanya dapat mempromosikan produk layaknya iklan televisi dan bukan untuk transaksi. 

Baca Juga: Resmi Dilarang, TikTok Shop dan Social Media E-Commerce Sejenis hanya Bisa Promosi

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan menyatakan, akan memberikan sanksi kepada TikTok jika masih belum mengikuti aturan pemerintah.

"Ya jelas dong (disanksi) kalau masih bandel kan," ujar Mendag Zulhas dilansir dari Kompas.com.

Baca Juga: Bukan Cuma Jualan dan Jadi Konten Kreator, Ini 11 Cara Cari Cuan di TikTok

Walau demikian, Zulhas mengaku, TikTok sudah bersurat kepada Kemendag dan berkomitmen untuk mengikuti semua arahan pemerintah. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga