Rukyat Global, Ratusan Warga Kendari Salat Idul Fitri Hari Ini

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 01 Mei 2022
0 dilihat
Rukyat Global, Ratusan Warga Kendari Salat Idul Fitri Hari Ini
Ratusan warga Kota Kendari ikuti salat Idul Fitri pagi tadi, di Masjid Al Fatih Kota Kendari Minggu (1/5/2022). Foto: Ist.

" Ratusan masyarakat Kota Kendari dan sekitarnya merayakan hari raya Idul Fitri 1443 H hari ini, Minggu (1/5/2022) "

KENDARI, TELISIK.ID - Ratusan masyarakat Kota Kendari dan sekitarnya merayakan hari raya Idul Fitri 1443 H hari ini, Minggu (1/5/2022).

Dari informasi yang dihimpun, penetapan Idul Fitri ini berdasarkan hasil rukyat hilal global. Di mana hilal telah terlihat di Nigeria, Mali, Afganistan, sehingga 1 Syawal jatuh pada hari ini, Minggu 1 Mei 2022.

Sebelumnya, awal bulan Ramadan 1443 H dari hasil rukyat hilal global jatuh pada Sabtu 2 April 2022 lalu. Dengan begitu, berdasarkan hasil rukyat tersebut bulan Ramadan berjalan selama 29 hari.

Berdasarkan pantauan Telisik.id, umat Islam yang melaksanakan salat Idul Fitri hari ini dilakukan di Masjid Al Fatih Kota Kendari.

Salat Idul Fitri di masjid ini diimami oleh KH. Muhammad Resman, Lc yang merupakan pimpinan salah satu pondok pesantren yang ada di Kota Kendari. Sedangkan yang bertindak sebagai khatib yakni Muballigh Sulawesi Tenggara, Ustaz Yuslan Abu Fikri.

Ustaz Yuslan berharap Allah SWT menerima ibadah puasa dan seluruh sajian amal ibadah lainnya yang dikerjakan di sepanjang bulan suci Ramadan 1443 H ini.

Baca Juga: 1.421 Narapidana Sultra Dapat Remisi Hari Raya Idul Fitri 2022

Selain itu, ia juga mengharapkan bisa memperoleh ampunan dan kemuliaan malam Lailatul Qadar, sehingga menjadikan semua semakin bertakwa yang ditunjukkan dengan kesiapan untuk tunduk, patuh dan taat kepada seluruh hukum syariah Islam.

"Semoga Allah SWT menjadikan negeri dan dunia Islam lainnya menjadi wilayah yang diberkahi dengan tegaknya peradaban Islam Kaffah dalam naungan Khilafah. Aamiin," pungkasnya.

Sementara itu, salah satu jemaah salat Idul Fitri, Abu Fatih mengaku, informasi hari Lebaran ini diketahui pada subuh hari dari beberapa teman dan WhatsApp grup.

Baca Juga: Padat Pemudik, Pelabuhan Torobulu-Tampo jadi Perhatian Pemerintah

"Alhamdulillah, bisa ikut salat id. Walaupun memang awalnya tidak ada persiapan karena subuh baru ada informasi hasil rukyat hilal global ini," ujarnya.

Selain itu, jemaah salat Idul Fitri lainnya, Maula mengatakan, awalnya dia tidak menyangka salat Idul Fitri jatuh hari ini.

"Iya, karena sejak semalam belum ada info. Nanti subuh atau pagi tadi baru dapat. Begitu diinformasikan, saya langsung bergegas menuju ke masjid yang melaksanakan salat Idul Fitri hari ini," katanya. (A)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga