Rusun ASN dan Rumah Khusus Nelayan di Muna Mulai Ditempati

Sunaryo, telisik indonesia
Jumat, 03 Maret 2023
0 dilihat
Rusun ASN dan Rumah Khusus Nelayan di Muna Mulai Ditempati
Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ridwan Bae bersama Bupati Muna, LM Rusman Emba meresmikan rusun ASN. Foto: Sunaryo/Telisik

" Anggaran pembangunan rusun dan rumah khusus nelayan bersumber dari APBN 2021 "

MUNA, TELISIK.ID - Rumah susun sederhana (rusun) bagi ASN di Motewe, Kecamatan Lasalepa dan rumah khusus nelayan di Tampo, Kecamatan Napabalano Kabupaten Muna yang dibangun tahun 2021 menggunakan APBN telah diserahkan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna dari Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sulawesi III.

Penyerahan pengelolaan dan pemanfaatan rusun dan rumah khusus nelayan ke Bupati Muna, LM Rusman Emba disaksikan oleh Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ridwan Bae, Jumat (3/3/2023).

Kepala Satker Penyedia Perumahan Sulawesi Tenggara, Piter Pakabu menerangkan, anggaran pembangunan rusun dan rumah khusus nelayan bersumber dari APBN 2021. Rinciannya, rusun Rp 23,6 miliar dan rumah khusus nelayan Rp 3,2 miliar.

"Rusun terdiri dari 44 hunian dan rumah khusus 20 unit dengan ukuran 36," kata Piter.

Pembangunan rumah itu dilakukan KemenPUPR melalui usulan dari Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ridwan Bae. Rusun berkapasitas 172 orang yang dilengkapi fasilitas pendukung berupa, dapur, dua kamar tidur, tempat cuci, tempat tidur, lemari, meja dan kursi, serta prasarana parkiran yang cukup luas.

Baca Juga: Peduli Lingkungan, Satuan Brimob Batalion C Pelopor Bersih-bersih Rumah Ibadah

"Penghuni tinggal menempati," terangnya.

Dengan telah diserahkannya perumahan itu, maka pemeliharaanya menjadi tanggungjawab Pemkab Muna. Perumahan mulai bisa ditempati.

"Kita berharap ASN yang menempati rusun dapat meningkatkan etos kerja," timpalnya.

Wakil Ketua Komisi V, Ridwan Bae mengatakan, awalnya rusun sangat dibutuhkan, tetapi tidak menjadi prioritas. Namun setelah jadi, sangat terasa manfaatnya bagi ASN yang belum memiliki rumah.

Ia hanya menekankan pada Pemkab Muna agar mengalokasikan pemeliharaannya di APBD, sehingga bangunannya dapat terus terjaga dan terawat.

"Bangunan dibangun menggunakan uang rakyat, jadi harus dirawat baik-baik," pesannya.

Bupati Muna, LM Rusman Emba menyampaikan apresiasi terhadap Ridwan Bae yang telah banyak membantu pembangunan infrastruktur di Bumi Sowite. Kata dia, rusun itu sangat bermafaat bagi ASN yang belum memiliki rumah.

"Insya Allah, bangunan ini akan kita jaga," ujarnya.

Baca Juga: 3 Ribu Beras Fortivit Disalurkan untuk Lawan Stunting di Kabupaten Konawe

Mantan senator DPD RI itu berharap, Ridwan Bae tak bosan-bosan membawa program pembangunan di Muna. Ia sendiri sangat semangat membangun, namun karena katerbatasan anggaran, sehingga masih banyak yang belum terselesaikan.

Sementara itu, Kadis Pemukiman dan Perumahan Muna, Ashar Dulu menerangkan, dari 44 hunian rusun, 35 ASN sudah siap menempati.

"ASN yang akan tempati belum memiliki rumah dan rata-rata pendatang," katanya seraya menambahkan, rumah khusus nelayan, penghuninya telah ada.

Kewajiban para penghuni nantinya, hanya membayar listrik dan kebersihan. Ke depannya, akan dibuatkan regulasi untuk biaya sewa sebagai pendapat asli daerah (PAD). (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga