Sebulan Lagi Turun Takhta, Sulkarnain Pilih Fokus Tuntaskan Tugas

Musdar, telisik indonesia
Rabu, 07 September 2022
0 dilihat
Sebulan Lagi Turun Takhta, Sulkarnain Pilih Fokus Tuntaskan Tugas
Sebulan lagi Sulkarnain Kadir akan turun takhta karena masa jabatannya sebagai Wali Kota Kendari berakhir 9 Oktober 2022. Foto: Ist.

" Meski menyatakan siap maju pilkada, saat ini Sulkarnain memilih fokus tuntaskan tugas dan tanggungjawabnya sebagai wali kota "

KENDARI, TELISIK.ID - Tak lama lagi Sulkarnain Kadir akan turun takhta. Politikus PKS itu akan mengakhiri masa jabatannya sebagai Wali Kota Kendari per 9 Oktober 2022.

Satu bulan menjelang berakhirnya masa jabatan Sulkarnain, sejumlah nama dari pejabat Pemkot Kendari, Pemprov Sultra hingga Kemendagri disebut-sebut berpeluang untuk mengisi posisi Pj wali kota.

Untuk mengisi kekosongan kepala daerah, DPRD Kota Kendari, Pemprov Sultra dan Kemendagri akan mengusulkan masing-masing tiga nama calon Pj wali kota.

Sembilan nama yang diusulkan akan dibawa ke forum pra Tim Penilai Akhir (pra-TPA). Di forum ini sembilan nama akan dikerucutkan sehingga menjadi tiga nama.

Selanjutnya tiga nama tersebut dibawa ke sidang TPA. Tim ini terdiri dari berbagai kementerian dan lembaga serta dipimpin presiden.

Baca Juga: BKKBN Sultra Ajak Hindari 4T untuk Cegah Stunting

DPRD sedang menggodok mekanisme pengusulan tiga nama ke pemerintah pusat. Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan berharap pejabat yang ditunjuk sebagai Pj wali kota bisa memahami kota dan masyarakatnya.

"Dan pembangunan atau yang menjadi harapan masyarakat dan DPRD bisa dilanjutkan dan dilaksanakan oleh siapapun yang diberi mandat untuk menjabat Pj," ucap Subhan, Rabu (7/9/2022).

Pj wali kota akan menjabat selama sekitar 2 tahun atau hingga terpilihnya Wali Kota Kendari definitif melalui Pilkada 2024.

Saat ini sejumlah nama termasuk Sulkarnain telah menyatakan kesiapannya maju di pilkada mendatang.

Baca Juga: Capai 22 Lantai, Kantor Baru Gubernur Tertinggi di Sulawesi Tenggara

Meski siap, Sulkarnain memilih fokus menuntaskan tugas dan tanggungjawabnya sebagai wali kota.

Dengan karya yang sudah ia wujudkan sejak terpilih melalui Pilkada 2017, Sulkarnain berharap dapat menjadi referensi masyarakat untuk menentukan pilihan di pilkada mendatang.

"Sehingga kita tidak perlu lagi menjelaskan banyak hal tinggal masyarakat menilai apa yang sudah kita kerjakan," ujar Sulkarnain belum lama ini. (B)

Penulis: Musdar

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga