Selain Demo Warga Surati Wali Kota Medan Tolak Kepling yang Diduga Menyalahi

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Selasa, 11 April 2023
0 dilihat
Selain Demo Warga Surati Wali Kota Medan Tolak Kepling yang Diduga Menyalahi
Massa usai menyerahkan surat ke Kantor Wali Kota Medan mengenai penolakan hasil pemilihan Kepling VI, Kelurahan Anggrung Kecamatan Medan Polonia. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" Sejumlah warga berdemonstrasi di Kantor Camat Medan Polonia, Jalan Barito Nomor 3, Kelurahan Suka Damai, Kota Medan, Sumatera Utara "

MEDAN, TELISIK.ID - Sejumlah warga berdemonstrasi di Kantor Camat Medan Polonia, Jalan Barito Nomor 3, Kelurahan Suka Damai, Kota Medan, Sumatera Utara, Selasa (11/4/2023).

Tujuan warga itu datang untuk menolak hasil pemilihan kepala lingkungan (kepling) VI Kelurahan Anggrung, Kecamatan Medan Polonia yang dinilai tidak layak memimpin di lingkungan mereka dan diduga telah terjadi kongkalikong, terlebih kepling itu bukan dari lingkungan VI, melainkan warga dari lingkungan lain.

Kepala lingkungan yang terpilih, yakni Emilo Sitompul. Sosok itu berdomisili di lingkungan VII dan warga lingkungan VI banyak yang tidak mengenalinya.

Baca Juga: Pemuda Ini Nekat Tikam Mahasiswi Politeknik Medan Hingga Tewas Gegara Dendam

Seorang warga, Margaretha Marpaung mengatakan, banyak warga dari lingkungan VI, Kelurahan Anggrung yang datang ke Kantor Camat Medan Polonia untuk meminta agar camat dan lurah membatalkan hasil pemilihan kepling itu.

"Karena Kepling yang terpilih bukan dari warga lingkungan VI. Sehingga kami yakin bahwa beliau tidak akan mengenal warga lingkungan VI secara keseluruhan. Bahkan warga berharap agar kepling terpilih dapat diganti. Ini juga artinya warga menolak keras pemilihan kepling yang baru ditetapkan itu," ungkapnya.

Warga menduga telah terjadi kecurangan dalam pemilihan kepling dan meminta agar pemilihannya ditinjau ulang.

"Sudah capek kami bolak balik kemari (kantor camat) namun ada saja alasan yang diberikan oleh sekretaris kecamatan dan lurah yang sangat tidak masuk akal. Kami meminta camat mendengar keluhan kami," tuturnya.

Selain ke Kantor Camat Medan Polonia, masyarakat juga menyurati Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution untuk membatalkan hasil pemilihan kepling itu.

"Kami berharap Wali Kota Medan mendengarkan aspirasi kami ini," terangnya.

Terpisah, Lurah Anggrung, Kecamatan Polonia E Doly Saputra ketika dikonfirmasi melalui selulernya membenarkan adanya masyarakat melakukan demo penolakan terhadap hasil pemilihan Kepling VI.

Baca Juga: Memenuhi Syarat Eks Wali Kota Medan Malah Mengundurkan Diri Pencalonan DPD RI

"Jadi, mereka meminta bertemu dengan bapak camat. Tapi, pak camat masih ada kegiatan di luar. Sehingga belum ada pertemuan antara warga dan pak camat," katanya.

Kemudian, lurah mengaku bahwa kepling terpilih bukan warga lingkungan VI. Akan tetapi, banyak warga di sana yang memilihnya.

"Yang memilih kepling itukan warga lingkungan VI juga, sehingga yang bersangkutan itu terpilih. Menurut saya, lebih banyak yang memilih dari pada yang menolak. Tapi, aspirasi dari masyarakat akan tetap kami tindaklanjuti," terangnya. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga