Terduga 140 Penjahat Meresahkan Ditangkap Polrestabes Medan Tempo Dua Bulan

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Kamis, 22 Juni 2023
0 dilihat
Terduga 140 Penjahat Meresahkan Ditangkap Polrestabes Medan Tempo Dua Bulan
Terduga 140 penjahat meresahkan masyarakat ketika diamankan petugas kepolisian dari Polrestabes Medan. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polrestabes Medan, menangkap 140 terduga pelaku perampok dan kejahatan lain yang meresahkan masyarakat selama periode Mei-Juni 2023 "

MEDAN, TELISIK.ID - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polrestabes Medan, menangkap 140 terduga pelaku perampok dan kejahatan lain yang meresahkan masyarakat selama periode Mei-Juni 2023.

Dari 140 orang itu, lebih dari 10 orang diberikan tindakan tegas dan terukur di bagian kakinya. Bahkan, ada pelaku yang kedua kakinya diberi tindakan tegas itu.

Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda membenarkan adanya penangkapan 140 terduga pelaku perampok jalanan itu.

"Pelaku kejahatan jalanan yang meresahkan masyarakat dari berbagai lokasi di Kota Medan sudah diamankan. Kami juga masih terus mengejar tersangka lainnya yang belum terungkap," kata Valentino Alfa Tatareda bersamaan dengan Wali Kota Medan, Bobby Nasution, Kamis (22/6/2023) petang.

Baca Juga: Perampok Bersenjata Celurit Ditangkap Polisi, Kaki Ditembak

Perwira polisi yang pernah menjabat sebagai Direktur Lalulintas Polda Sumatera Utara itu menambahkan, pelaku kejahatan jalanan itu ditangkap atas pengungkapan 97 kasus curas, curat dan curanmor selama satu bulan lebih.

“Dari 140 pelaku kejahatan yang ditangkap itu di antaranya 27 orang merupakan pelaku anak terlibat hukum,” tuturnya.

Perwira polisi itu mengungkap, dari 140 pelaku kejahatan jalanan yang ditangkap itu, di antaranya pelaku begal terhadap Insanul Hasibuan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) hingga meninggal dunia dan penjual es yang ditemukan tewas di Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang.

“Ditangkapnya para pelaku begal terhadap mahasiswa UMSU berawal dari diamankan tiga orang pelaku kejahatan jalanan yang beraksi di kawasan Kecamatan Percut Seituan,” terangnya.

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Panca Putra mengaku, sudah memerintahkan seluruh Kapolres untuk menindak tegas aksi perampokan jalanan dan geng motor yang meresahkan.

“Tindakan para pelaku begal ini sudah merugikan dan membuat resah masyarakat, untuk itu kita akan lebih tegas lagi kepada pelaku ini. Jadi jangan coba-coba, ini sudah menjadi atensi dari Bapak Kapolda Sumatera Utara," kata Kabid Humas Polda Sumatera Utara, Kombes Pol Hadi Wahyudi.

Selain itu, Hadi Wahyudi mengimbau kepada remaja untuk tidak bergabung dengan kelompok-kelompok geng motor yang meresahkan masyarakat. Lebih baik salurkan hobinya ke arah yang positif.

Baca Juga: Kecanduan Nyabu, Empat Pemuda Ini Nekat Mencuri di 14 Titik

“Saat ini Polda Sumatera Utara akan terus melakukan operasi penertiban kepada para pelaku begal geng motor. Ini bukti komitmen Bapak Kapolda Sumatera Utara dan Wali Kota Medan untuk memberantas masalah kejahatan jalanan," tambahnya.

Kemudian, Hadi mengaku, mereka sudah berkomunikasi dengan Kodam I Bukit Barisan untuk menindak aksi kejahatan jalanan yang meresahkan masyarakat itu.

"Jadi, Bapak Kapolda Sumatera Utara dan Panglima Kodam I Bukit Barisan sudah sepakat untuk memberikan rasa aman di Kota Medan dan seluruh daerah di Sumatera Utara ini. Jadi, kepada pelaku kejahatan, jangan coba-coba," terangnya. (B)

Penulis: Reza Fahlef

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga