The Hero of Buton La Karambau, Film Karya Pemuda Baubau Siap Tayang di Bioskop

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Senin, 20 Februari 2023
0 dilihat
The Hero of Buton La Karambau, Film Karya Pemuda Baubau Siap Tayang di Bioskop
Alan ASJKG, pemuda asal Kota Baubau, yang juga sutradara film The Hero of Buton La Karambau dan poster filmnya. Foto: Ist.

" Film La Karambau ini menceritakan kisah tentang seorang pemuda asal Buton yang berusaha membela hak-hak rakyat Buton "

KENDARI, TELISIK.ID - The Hero of Buton La Karambau merupakan film karya Alan ASJKG, seorang pemuda asal Baubau yang akan tayang di bioskop pada tanggal 27 Februari 2023.

Film La Karambau ini menceritakan kisah tentang seorang pemuda asal Buton yang berusaha membela hak-hak rakyat Buton seperti yang dilakukan oleh Oputa Yi Koo, yang merupakan pahlawan nasional asal Buton. La Karambau sendiri merupakan nama kecil dari Oputa Yi Koo atau yang dikenal sebagai pahlawan yang bernama Sultan Himayatuddin.

Ketika dihubungi oleh pihak Telisik.id, Alan ASJKG mengaku tertarik membuat film ini dengan tujuan menyebarkan spirit kepahlawanan dari Oputa Yi Koo kepada anak muda zaman sekarang. Selain itu ia mengaku ada sekitar 600 orang yang turut menghibahkan diri mereka untuk film ini.

"Ada 600 orang lebih masyarakat Buton yang menghibahkan diri untuk film ini, walaupun punya pandangan yang berbeda tapi tetap satu untuk film ini," tutur Alan via Instagram, Senin (20/2/2023).

Lebih lanjut Alan yang mempelajari dunia perfilman secara otodidak ini mengaku bahwa proses pengerjaan film ini memakan waktu 8 bulan karena menunggu proses koreografi para aktor.

Baca Juga: Band Lokal Kendari Bumbie Bakal Pre Show Album Baru Besok, Ini Lokasinya

Di sisi lain, salah satu aktor dalam film ini, Ridho Sportisi yang berperan sebagai karakter utama film ini mengaku adegan berkelahi dalam film ini menjadi salah satu tantangan terbesar baginya.

"Yang jadi tantangan namun berkesan itu di adegan fight-nya, soalnya saya pada awalnya adalah seorang komedian yang harus bermain di film action," tutur Ridho.

Baca Juga: Sudah Tayang, Ant-Man and The Wasp: Quantumania Kuasai Jam Tayang di Dua Bioskop Kota Kendari

Karena merupakan film asli karya pemuda lokal, pihak Hollywood Square Kendari mengaku tertarik menayangkan film ini agar nantinya banyak sineas muda asal Sulawesi Tenggara bisa membuat film yang bagus hingga ke tingkat nasional.

"Mudah-mudahan melalui film La Karambau dapat mendorong semakin banyak pekerja seni kreatif dari Sulawesi Tenggara yang tergerak dan berani untuk menampilkan karya-karyanya sembari terus belajar, terlebih generasi-generasi muda," tutur Steven, Manajer Hollywood Square Kendari.

Film ini akan tayang di Hollywood Square Kendari pada 27 Februari nanti dan didukung langsung oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sulawesi Tenggara. (A)

Penulis: Ahmad Badaruddin 

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga